NASA Memastikan Jika Asteroid Seperti Piramida Tidak Akan Menabrak Bumi

NASA Memastikan Jika Asteroid Seperti Piramida Tidak Akan Menabrak Bumi

NASA mematahkan berita soal space rock sebesar piramida yang dikabarkan akan menabrak Bumi. Space rock itu dipastikan hanya akan melewati Bumi pada 29 Agustus mendatang. Ia tidak datang untuk menghantam planet ini.

Space rock itu memang akan melewati Bumi dengan kecepatan lambat, 20 kilometer for each stick saja. Jaraknya quip cukup jauh dari Bumi, 13 kali jarak Bumi ke Bulan. Secara angka pasti sekitar 4,8 juta kilometer.

Sebelumnya, NASA sempat membuat pernyataan pada 2017, bahwa: “dari semua space rock yang diketahui saat ini, tidak ada yang diprediksi akan berpengaruh ke Bumi dalam 100 tahun ke depan,” seperti dikutip CNet.

Space rock yang bernama 2016 NF23 memang cukup besar dari segi ukuran dan akan mendekati Bumi akhir bulan ini. NASA memperkirakan space rock ini punya dimensi 70 x 160 meter. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Boeing 747 dan lebih tinggi dari Piramida di Giza, Mesir, tulis US News.

Ini adalah salah satu objek terbesar yang pernah mendekati https://www.pro.co.id Bumi selain 2001 RQ17 and 2015 FP118. Keduanya akan mendekati Bumi pada September. Dua objek space rock besar lain yang akan mendekati Bumi pada Oktober adalah 2018 EB and 2013 UG1.

Selain 2016 NF23, ada juga space rock smaller than normal 2018 PU23 yang tengah terbang didekat Bumi hari ini. Space rock ini berdiameter 6 meter saja. Jaraknya sekitar 8 kali jarak Bumi ke Bulan.

NASA terus melakukan pelacakan benda-benda antariksa yang terbang di dekat bumi (close Earth objects: NEO). Kadang, benda-benda angkasa itu terlihat dari permukaan bumi.

Baca Juga: