Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Semakin lama memang semakin banyak orang yang menyudutkan tentang pendidikan jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena kecilnya peluang kerja mahasiswa yang kuliah di jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Akhirnya banyak orang yang berusaha menghindari jurusan ini.

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Lantas apakah memang benar prospek kerja mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia ini cenderung kecil dan mahasiswanya terancam menjadi pengangguran? Anda coba saja pikirkan baik – baik sebelum ragu melangkah untuk mengambil jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Apa benar Indonesia menjerumuskan generasi penerus sendiri dengan membuka jurusan bahasa dan sastra Indonesia yang sempit lapangan kerja? Tentunya tidak bukan? Karena itu dimana saja jurusannya tentu akan ada prospek kerja yang mengikuti asalkan ada kesungguhan dalam belajar didalamnya. Mengenai prospek kerja jurusan bahasa dan sastra Indonesia, berikut kami akan berikan beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Tenaga pengajar

Anda yang memang berada pada lulusan bahasa dan sastra memang akan sangat identik dengan pekerjaan sebagai seorang tenaga pengajar. Anda dapat menjadi seorang guru atau juga menjadi seorang dosen. Tentu Anda tahu bahwa pada masing – masing instansi butuh dengan tenaga pengajar bahasa Indonesia yang penting untuk persiapan UNAS karena itu tenaga pengajar bahasa Indonesia memang dibutuhkan dengan jumlah tinggi di Indonesia.

Peneliti atau lembaga penelitian

Menjadi seorang peneliti memang tidak terlalu populer di Indonesia. Akan tetapi menjadi seorang peneliti di luar negeri sangat diandalkan dan dibutuhkan bagi negara. Tenaga peneliti sangat dibutuhkan. Anda dapat mencoba bergabung dengan lembaga penelitian, lembaga survey, dan juga bahkan Anda bisa bergabung dengan sebuah perusahaan dan turut menjadi bagian research development.

Penulis

Anda yang memang lulusan dari jurusan bahasa dan sastra Indonesia memang sangat cocok menjadi seorang penulis baik itu seorang penulis buku, novel atau bahkan karya lain. Anda juga dapat bekerja sebagai seorang editor pada perusahan percetakan atau di media tulis.

Jurnalistik

Tak hanya sastra Sunda saja yang berpotensi menjadi seorang jurnalis karena sastra Indonesia juga berpotensi menjadi seorang jurnalis baik di televisi, radio atau yang lainnya. Melamar menjadi pembawa berita di radio atau televisi juga akan sangat cocok bagi Anda.

Instansi pemerintahan

Anda dapat bekerja di berbagai macam instansi baik itu instansi swasta atau juga instansi pegawai negeri. Instansi pemerintah yang paling relevan bagi Anda yang notabennya lulusan mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia adalah kementrian dalam negeri atau  luar negeri.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat. sumber : dosenpendidikan.com