5 Tips Praktis untuk Memproduksi Video Jika Kamu Introvert

5 Tips Praktis untuk Memproduksi Video Jika Kamu Introvert

Video adalah tidak benar satu fasilitas yang paling banyak dibikin kontennya didalam internet. Bahkan, video udah menjadi sumber information terbesar di internet. Menurut information dari Cisco, setiap tahunnya video tumbuh sebesar 26%. Dan pada th. 2021, 82% sumber information terbesar di internet adalah melalui video.

5 Tips Praktis untuk Memproduksi Video Jika Kamu Introvert

Tahun lalu, LinkedIn meluncurkan kebolehan yang dapat mengunggah video asli ke 560 juta anggota. Pada th. ini, Instagram memberitakan di IGTV, video yang di upload akan berformat lebih panjang. Salah satu format video paling terkenal adalah video yang membangun personal dan produk branding, layaknya “selfie-style” dimana kamu berbicara depan kamera dan share inspirasi kepada audience.

Bagaimana caranya jikalau kamu mendambakan mengawali membuat sebuah video bersama topik yang kamu sukai tapi jadi tidak nyaman kala berada di depan kamera? Bagaimana jikalau kamu adalah seorang Introvert, seorang yang lebih nyaman berbicara bersama seorang teman atau lebih suka membaca dan menulis?

Itulah yang disampaikan oleh Sean McCabe didalam video terbarunya yang ia bagikan di YouTube. McCabe adalah pendiri Seanwes, sebuah komunitas online yang terdiri dari para profesional kreatif dan pencipta program penjualan terbaik di mana dia mengajarkan topik-topik layaknya tulisan tangan, copywriting dan cara menetapkan harga fasilitas kreatif sebagai seorang freelance. McCabe adalah seorang pembuat konten yang produktif dan baru-baru ini ia menerbitkan sebuah buku mengenai bagaimana membangun pertunjukan yang sukses, podcast populer, saluran YouTube dan saluran Instagram yang banyak diikuti.

McCabe termasuk seorang introvert yang udah berhasil mengatasi ketidakmauannya untuk memasang diri di depan kamera.

1. Jadwalkan

Introvert adalah seorang yang enggan memasang diri di depan kamera, McCabe menyarankan untuk membuat jadwal yang mengerti di kalender kala akan membuat sebuah video.

McCabe udah melaksanakan sebagian panggilan telepon di pagi hari yang udah dia jadwalkan. Setelah itu, McCabe membuat sebagian video dan melaksanakan streaming. Ketika streaming, McCabe duduk di sebuah kursi dan dia tidak jadi layaknya tengah membuat video streaming, sebab dia jadi punya kebiasaan melakukannya. Saat McCabe memandang kalender dia jadi mesti membuat jadwal untuk merekam sebagian video, sebab tidak baik jikalau dia menunggu sampai merasakan mendambakan membuat sebuah video. Karena sebagai seorang Introvert tidak akan jadi layaknya berasa di luar elemennya.

2. Berbicaralah kepada satu orang.

Biasanya seorang Introvert tidak dapat berbicara di kerumunan didalam satu waktu, bicaralah kepada satu orang sebab akan jadi lebih nyaman.

Saat berbicara di depan kamera kemungkinan seorang Introvert akan jadi layaknya tengah berbicara di suatu ruangan yang penuh bersama orang. Namun itu bukan cara yang tepat jikalau kamu adalah seorang Introvert. McCabe pernah mengatakan bahwa kesalahan paling lazim yang dia memandang adalah orang mengatakan ‘Hai teman-teman’ atau ‘Hai semuanya’ bagi seorang Introvert itu adalah hal tidak baik sebab dapat memberikan banyak tekanan. Saat seorang Introvert melaksanakan streaming dan tersedia yang berbicara layaknya itu, mereka rasa itu terlalu menakutkan.

3. Persiapkan diri

Karena membuat video memerlukan persiapan dan sulit untuk memasang diri di depan kamera. Menurut McCabe, jikalau kamu memproses sebuah video sebaiknya kamu menjadwalkannya, sebab kamu akan mempunyai kala untuk mempersiapkannya layaknya kala untuk tidur, kala untuk beristirahat dan kala untuk menyendiri.

Seorang Introvert mempunyai persiapan yang berlainan bersama seorang Ekstrovert. Kebanyakan para Ekstrovert mempersiapkan diri bersama isi kala luang untuk memproses video, tapi seorang Introvert akan menentukan mempersiapkan diri bersama menjauhkan dari kamera dan berfokus pada akitivitas yang memberikan mereka energi, yaitu bersama membaca atau melaksanakan pembicaraan bersama satu teman.

4. Buat daftar

Setelah mendengarkan, melihat podcast dan video sepanjang sebagian th. terakhir, sekarang McCabe mengerti berapa banyak kala dan usaha yang dia melaksanakan untuk mempersiapkan kontennya. Jika kamu adalah seorang introvert layaknya dia, dia menyarankan untuk mempersiapkan daftar topik sebelumnya supaya kamu dapat bersiap-siap.

McCabe mengerti bahwa dia mesti merekam video hari ini, bukan cuma mampir dan berdiri di depan kamera, tapi mesti mencari mengerti apa yang mesti dikatakan. “Saya mempunyai daftar … Saya cuma mesti mengatakan apa yang tersedia pada daftar, misalnya ‘Membuat video mengenai cara seorang Introvert membuat video’” Ujarnya.

Latihan lain yang dilaksanakan McCabe disaat memproses podcast dan videonya yang tidak disebutkannya di episode ini adalah menulis poin-poin mutlak yang akan kamu bahas didalam video yang kamu buat. Jika kamu mendambakan membuat skrip semua hal dan membacanya secara verbatim, lantas itu memberi kamu keyakinan diri kala kamu menyampaikannya, itu tidak masalah.

5. Fokus pada orang yang akan kamu bantu

Untuk semua siasat dan tekniknya, McCabe mengatakan untuk seorang Introvert yang coba melawan halangan privat mereka untuk menghasilkan video, dia menyarankan tidak benar satu yang paling mutlak adalah manfaatkan “mengapa”.

“Ya, butuh persiapan untuk membuat video butuh persiapan untuk berbicara bersama orang-orang sebagai Introvert, menjadi kamu mesti mencari alasan untuk melakukannya, alasan untuk terlihat dan alasan untuk membagikan pesan kamu”

McCabe berpikir bagaimana seseorang mendapat fungsi dari video yang dibuatnya, siapa saja yang introvert layaknya dia. Dan apakah tersedia seorang introvert yang beroleh sesuatu dari video yang dibuatnya dan menyadarinya. Sekarang dia dapat mengatasi perasaan itu, dia dapat terlihat dan membuat video yang akan mendukung kamu mengatasi kendala itu. Itu membuatnya menjadi semangat.