Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan – Jantung pisang ialah bunga dari tumbuhan pisang, bentuknya serupa jantung dan mempunyai warna merah tua. Jantung pisang biasa dimanfaatkan sebagai sayuran, urap dan tidak sedikit juga yang mengubah jantung pisang sebagai dendeng atau abon.

Jantung pisang mempunyai khasiat dan guna untuk kesehatan sebab kandungan gizi dan vitamin yang terdapat didalamnya. Jantung pisang diketahui berisi vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Didalam jantung pisang pun terkandung sejumlah mineral urgen yang diperlukan oleh tubuh, antara beda zat besi, kalsium dan fosfor. Pada masing-masing 25 gram jantung pisang diketahui berisi karbohidrat 7.1 gram, kalori 31 kkal, lemak 0.3 gram, dan senyawa protein sejumlah 1.2 gram.

Table of Contents

Manfaat Jantung Pisang

1. Sebagai Obat Malaria
Jantung pisang ternyata dapat digunakan sebagai obat malaria. Caranya bahas kulit luar jantung pisang, benam pada bara api sekitar -/+ 25 menit. Setelah dingin parut dan peras untuk memungut airnya. Saring dan tambahkan tidak banyak asam, lantas diminum.

2. Menyehatkan Pencernaan

Jantung pisang adalahsayuran yang paling kaya bakal serat. Seperti anda ketahui bahwa masing-masing makanan yang berisi serat sangat
baik untuk sistem pencernaan.

3. Mencegah Kanker

Jantung pisang berisi antioksidan, dimana antioksidan berperan dalam mencegah efek radikal bebas. Radikal bebas mengakibatkan kehancuran kinerja organ, kehancuran sel-sel tubuh dan pemicu tumbuhnya sel kanker.

4. Mencegah Penyakit Gondok

Jantung pisang diketahui berisi yodium. Yodium berkhasiat dalam menangkal penyakit gondok.

5. Sebagai Obat Diare

Jantung pisang berfungsi sebagai obat diare, metodenya sangat gampang yaitu melulu dengan mengkonsumsi jantung pisang yang telah dimasak. Bisa disayur atau diciptakan urap.

6. Mencegah Stroke

Mengkonsumsi jantung pisang ternyata paling baik guna kesehatan, salah satunya ialah dapat menangkal penyakit stroke.

7. Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Jantung pisang ialah sumber makanan yang paling baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mengkonsumsi jantung pisang secara teratur diketahui efektif menurunkan kadar gula dalam darah.

8. Mencegah Penuaan Dini

Jantung pisang berisi flavanoid yang berperan dalam perbaikan sel-sel yang bobrok dan sebagai anti radikal bebas.

9. Mencegah Kolesterol

Mengkonsumsi jantung pisang bekhasiat untuk menangkal naiknya kadar kolesterol. Hal ini sebab jantung pisang adalahsumber makanan rendah lemak dan zat-zat yang terdapat didalamnya diketahui dapat mengikat lemak jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

10. Baik Bagi Ibu Menyusui

Manfaat jantung pisang untuk menambah produksi ASI telah diketahui semenjak jaman dahulu. Karena tersebut jantung pisang paling baik dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang menyusui.

Sumber : https://www.faunadanflora.com