5 Hal Pertama yang Harus Anda Lakukan Setelah Lulus Kuliah

5 Hal Pertama yang Harus Anda Lakukan Setelah Lulus Kuliah

Rekan Kerja, apakah Anda terhitung ke dalam orang yang berpikir bahwa setelah lulus kuliah seluruh masalah udah selesai dan hidup bakal jadi lebih mudah? Eits, jangan biarkan diri Anda lengah sampai lupa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia yang memang ya. Setelah lulus, Anda diharuskan untuk terjun bebas ke dunia kerja bersama banyaknya tantangan yang wajib dihadapi, seperti mencari kerja, hidup mandiri, sampai tekanan dari keluarga untuk segera menentukan jalan hidup.

Akhirnya Anda jadi menyadari, bahwa beban kala kuliah dulu ternyata belum tersedia apa-apanya dibandingkan beban yang ditemui setelah perhelatan wisuda selesai. So, apa saja ya yang sanggup Anda lakukan setelah lulus kuliah? Yuk, kami cari tahu!

1. Revisi CV

Setelah lulus kuliah, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memperbaiki atau lakukan update curriculum vitae. Isilah CV Anda bersama kegiatan-kegiatan yang udah dulu Anda lakukan sepanjang kuliah, seperti pengalaman organisasi, kursus keterampilan, atau kerja paruh waktu. Semakin berkualitas CV yang Anda buat, maka bakal jadi besar pula mungkin Anda untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Apalagi menurut sebuah studi, biasanya perekrut hanya menghabiskan kala enam detik untuk menyaksikan tiap tiap CV. Maka dari itu, CV yang Anda membuat haruslah outstanding dan membuat perekrut tertarik untuk mempertimbangkan Anda pada posisi yang dibutuhkan.

2. Cari Tahu Passion Anda

Apakah Anda tetap bingung menentukan karier yang cocok bersama passion? Awal umur 20-an adalah kala yang paling pas untuk mencari mengerti apa passion Anda. Jika memang passion Anda berbeda bersama jurusan kala kuliah, Anda tidak wajib bingung lebih-lebih menyesali pilihan. Banyak sekali orang yang sanggup sukses dan sukses dalam bekerja di bidang yang tidak cocok bersama background mereka kala di perguruan tinggi. Coba saja untuk mencoba berbagai bidang dan pekerjaan terutama dulu sampai Anda mengerti mana yang paling pas dan Anda minati sebelum saat memutuskan satu bidang yang bakal Anda geluti untuk karier ke depan.

3. Memanfaatkan Waktu Luang bersama Meningkatkan Skill

Meningkatkan skill tidak hanya bersama pendidikan resmi saja, lho. Saat ini, udah banyak web di internet yang sanggup menunjang Anda menambah skill yang bakal berguna di dunia profesional nantinya seperti ruangkerja. Jadi, Anda tidak usah menghabiskan banyak duwit untuk turut kursus yang mahal. Mulai dari public speaking, personal branding, Microsoft Excel dan Power Point hacks, dan tetap banyak lagi. Di era digital seperti ini, Anda sanggup bersama gampang belajar melalui video, audio, dan metode lain yang sanggup menambah skill di kala luang.

4. Memperbanyak Koneksi

Koneksi yang banyak amat perlu untuk keberhasilan karier Anda di dunia kerja, lho. Mungkin Anda beranggap tersedia rekan di kampus yang tidak cukup seru untuk diajak nongkrong, tapi jadi ternyata dia jadi orang perlu bersama koneksi yang luas setelah lulus kuliah. Jaga pertalian Anda bersama teman-teman kampus ataupun dosen bersama baik. Selain itu, Anda terhitung wajib berkumpul atau bergaul bersama orang-orang baru yang bakal menambah koneksi. Menjalin pertalian bersama rekan itu penting, tapi bukan berarti Anda senang berkenalan bersama siapa pun karena mengidamkan sesuatu saja ya.

5. Tambah Pengalaman bersama Magang

Menyandang standing fresh graduate sanggup jadi beban tersendiri andaikata Anda tidak kunjung mendapat kerja, karena mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Nah untuk itu, magang sanggup jadi solusi terbaik yang sanggup Anda cobalah sehingga sanggup menambah pengalaman di dunia kerja. Selain untuk mengisi kala luang dan tes mental, Anda terhitung sanggup menambah pendapatan dari program magang, lho. Anda jadi sanggup beroleh pendapatan sekaligus belajar jadi lebih mandiri dan profesional.

Baca Juga :