Mengenal Tentang Jenis Paragraf Eksposisi

Mengenal Tentang Jenis Paragraf Eksposisi

Mengenal Tentang Jenis Paragraf Eksposisi

Mengenal Tentang Jenis Paragraf Eksposisi

Mengenal Tentang Jenis Paragraf Eksposisi

Adapun jenis-jenis dari paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:

1. Eksposisi definisi/pengertian,

Paragraf yang menjelaskan mengenai definisi atau pengertian sesuatu,
Contoh Paragraf Eksposisi definisi:
Aplikasi web adalah aplikasi atau perangkat lunak komputer yang dapat diakses menggunakan jaringan internet dan browser, umumnya file-file aplikasi web disimpan di sebuah server khusus yang terintegrasi dengan nama domain, jadi ketika pengguna ingin mengakses sebuah aplikasi web maka bisa menuliskan nama domainnya saja. contoh dari aplikasi web adalah, facebook.com, twitter.com dan lain-lain.

2. Eksposisi proses

Paragraf yang menjelaskan tentang suatu topik secara terperinci dan terurut menggunakan langkah-langkah atau proses kerja.
Contoh Paragraf Eksposisi Proses:
Untuk menginstal perangkat lunak sistem operasi diperlukan beberapa proses, yang pertama adalah menyiapkan cd atau usb instalasinya dalam mode bootable agar bisa dibaca oleh komputer ketika komputer melakukan boot atau start, yang kedua menyeting bios agar boot pertama ke cd atau usb, yang ketiga baru instal sistem operasinya, jika sistem operasi sudah terinstal kemudian instal software pendukungnya.
3.Eksposisi ilustrasi (contoh)  atau ibarat
Paragraf  yang memberikan gambaran terhadap topik yang ada menggunakan pembanding atau contoh yang memiliki kemiripan dalam hal tertentu.
Contoh paragraf ilustrasi:
Kepemimpinan pengangkut ayah dalam rumah tangga ibarat nahkoda yang mengemudikan kapal. Ayah menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap anggota keluarga lainnya. Sama seperti nahkoda yang mengemudikan kapalnya. Bila ia mampu mempimpin keluarganya dengan baik maka akan baik pula keluarga itu, sama halnya dengan kagak yang dikemudikan nahkoda.
 

4.Eksposisi klasifikasi

Paragraf yang menjelaskan suatu topik yang mengklasifikasikan bahasannya.
Contoh dari Paragraf Klasifikasi:
Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan fisik, akan tetapi dapat juga menyehatkan mental yang sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Sebab, ternyata kegiatan belajar bukan hanya kegiatan intelektual saja, melainkan juga fisik. Dave Meier membagi aktivitas belajar menjadi empat kategori yaitu
  • Somatis adalah belajar dengan bergerak dan berbuat
  • Auditori adalah belajar dengan berbicara dan mendengar
  • Visual adalah belajar dengan mengamati dan menggambarkan
  • Intelektual adalah belajar dengan memecahkan masalah dan merenung.
Keempat aktivitas belajar ini harus dikuasai sehingga kemampuan intelektual yang dimiliki dapat berkembang dengan optimal.
 

5.Eksposisi perbandingan & pertentangan

Paragraf eksposisi perbandingan adalah paragraf yang dibuat oleh penulisnya dalam menerangkan ataupun menjelaskan sesuatu dengan menggunakan kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain. Sedangkan paragraf eksposisi pertentangan sama halnya dengan eksposisi perbandingan. Hanya saja hal yang dibandingkan itu berisi tentang suatu hal yang bertentangan.
  1. Paragraf eksposisi perbandingan memiliki ciri ciri yaitu menggunakan kata hubung berupa seperti halnya, demikian juga, sama dengan, selaras dengan sesuai dengan dan berbeda dengan. Hal yang digunakan sebagai pembanding dalam paragraf eksposisi perbandingan haruslah bersifat konkret dan telah diketahui secara umum.
  2. Sedangkan Paragraf Eksposisi pertentangan mempunyai kata hubung yang mempertentangkan dengan ide ataupun gagasan lain yaitu biarpun, walaupun, berbeda, berbeda dengan, akan tetapi, sebaliknya, melainkan, namun, meskipun begitu.

Baca Artikel Lainnya: