Sekolah yang Menjual atau Memproduksi? ( I )

Sekolah yang Menjual atau Memproduksi? ( I )

Munculnya sekolah dengan bermacam label, menyebabkan beberapa orang tua mesti lebih selektif dalam menentukan pendidikan untuk anaknya. Beberapa misal label sekolah, terasa dari sekolah bilingual, sekolah internasional, sekolah berbasis agama, fullday school, hingga sekolah alam. Hampir seluruh pihak sepakat bahwa kemunculan selanjutnya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini. Pertanyaannya adalah, apakah sebuah sekolah dengan label spesifik jadi sekolah yang menjajakan atau sekolah yang memproduksi?

Ada perbedaan mendasar pada sekolah yang dapat memproduksi dan sekolah yang cuma menjual. Yaitu, terhadap pengelolaan dan pengajaran.

Sekolah yang cuma miliki kapabilitas menjajakan program, biasanya cuma menerapkan kurikulum diknas apa adanya tanpa pengolahan atas potensi dan keadaan masyarakat.
Sekolah dengan cii-ciri ini, biasanya cuma mengambil program sekolah dan pengajaran dari tempat lain. Sekolah yang mengambil program atau manajemen dari tempat lain tanpa memproduksi dan mematangkan sesuai kebutuhan setempat terhitung terhitung kategori sekolah yang “menjual”. Akibat yang paling terasa adalah lambatnya inovasi, penyikapan, dan penanganan terhadap masalah-masalah yang nampak di sekolah tersebut. Karakter sekolah ‘menjual’ biasanya tunggu perubahan dari tempat dia mengambil program sekolah.

Berbeda dengan sekolah yang ‘memproduksi’. Sekolah dengan cii-ciri ini, benar-benar miliki permohonan kuat mencetak generasi yang unggul. Inovasi pembelajaran tetap dilaksanakan sehingga potensi siswa benar-benar terfasilitasi.

‘memproduksi’ di sini berarti kapabilitas membuahkan program sekolah dan pengajaran paling baik bagi sekolah sendiri. Kemampuan membuahkan ini pun dapat diperoleh melalui tempat lain, bakal tapi dikembangkan dan dipredalam sedemikian rupa sehingga tepat dalam pemanfaatan dan penerapannya.

Pada tingkat yang lebih tinggi, sekolah dengan cii-ciri ‘memproduksi’ bakal terus berinovasi dan membuahkan metode paling baik bagi sistem pembelajaran. Mulai dari pendidikan karakter, kecakapan hidup, enterpreneur, hingga terhadap perolehan prestasi akademik dan non akademis.

Untuk para orang tua. Menentukan pilihan sekolah bagi anak adalah investasi era depan yang mesti diperhatikan dengan benar-benar baik. Maka, lihatlah beberapa program khusus, program umum, program pengembangan, dan manajemen sekolah sebelum menentukan pilihan untuk anak-anak kita.

Untuk para guru. Memberikan yang paling baik kepada anak didik adalah tugas mulia. Berinovasi dan terus studi adalah kunci untuk mengembangkan diri dan sekolah. Karena, apa yang kita berikan kepada anak dan siswa adalah modal mereka di era yang bakal datang.

Baca juga :