Geografis Yogyakarta

Table of Contents

Geografis Yogyakarta

Selamat datang di Blog Situs Pelajaran Oke, yang pada peluang kali ini bakal menolong anda sedikit mengenal perihal Yogyakarta. Maka berasal dari itu coba simaklah ulasan tersebut ini “Kenali Yogyakarta- Geografis Yogyakarta”.

Provinsi Daerah Yogyakarta merupakan Provinsi yang membawa standing Daerah Istimewa. Status Daerah Istimewa ini nampaknya mengenai erat dengan histori terjadinya Provinsi ini tahun 1945 sebagai paduan lokasi kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman yang memadukan diri dengan lokasi RI yang diploklamirkan tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno Hatta (Bung Karno) dan Moh. Hatta (Bung Hatta).
Bagian ujung sebelah Utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan puncak gunung Merapi yang tenar gara-gara aktifnya saat ini, mempunyai ketinggian kurang lebih 2920 meter di atas permukaan air laut. Oleh para pakar menyatakan bahwa gunung berapi (Vulkanolog) internasional. Gunung berapi di Yogyakarta ini mempunyai bentuk letusan yang khas, dan nampaknya sejenis dengan letusan gunung api Visuvius di Italia. Puncak gunung berapi di Yoyakarta ini selamanya mengepulkan asap, yang merupakan sebuah pemandangan khas yang melatarbelakangi pemandangan kota Yogyakarta ini sebelah Utara, Selatan, Timur, maupun Barat.
Untuk luas berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini kurang lebih 3.186 Km² dengan penduduk 3.278.599 jiwa (data Desember 1995) dan terbagi menjadi 5 Daerah Tingkat II, yakni:
Kotamadya Yogyakarta yang merupakan Ibu kota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kabupaten Sleman dengan Ibu kota Beran.
Kabupaten Gunungkidul dengan Ibu kota Wonosari
Kabupaten Bantul dengan Ibu kota Bantul.
Kabupaten Kulon Progo dengan Ibu kota Wates.

Setelah meninggal/wafatnya Sri Hamengku Buwono IX sebagai Gubernur Kepala Daerah Provinsi DIY dijabat Sri Paku AlamVII yang pada mulanya sebagai wakil Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta dan sejak Sabtu 3 Oktober 1998 Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dijabat Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/

Baca Juga :