Universitas Bengkulu Bangun Rumah Sakit Pendidikan pada 2019

Universitas Bengkulu Bangun Rumah Sakit Pendidikan pada 2019

Universitas Bengkulu Bangun Rumah Sakit Pendidikan pada 2019

Universitas Bengkulu Bangun Rumah Sakit Pendidikan pada 2019

Universitas Bengkulu Bangun Rumah Sakit Pendidikan pada 2019

Universitas Bengkulu (Unib) pada 2019, telah memprogramkan akan membangun rumah sakit (RS) pendidikan di sekitar kampus perguruan tinggi tersebut.

“Tahun 2019, kita sudah memprogramkan akan membangun RS pendidikan di kampus Unib. Dana pembangunan RS pendidikan ini bersumber dari bantuan Arab Saudi,” kata Rektor Unib Bengkulu, Ridwan Nurazi seusai meresmikan lima unit gedung baru dan sarana pelayanan terpadu berlokasi di kampus Unib, di Bengkulu, Kamis (27/12).

Ia mengatakan, pembangunan rumah sakit pendidikan tersebut, sejak tahun 2017 lalu sudah programkan Unib, tetapi sampai sekarang belum terealisasi karena JICA selaku lembaga keuangan internasional yang pendonor dana minta dilaksanakan 2019.

Namun, Unib minta pembangunan RS pendidikan direalisasikan pada tahun tersebut. Dengan demikian, JICA membatalkan membiayai pembangunan RS pendidikan yang berlokasi di kampus Unib.

Dengan batalnya JICA membiayai pembangunan RS pendidikan tersebut, maka Unib mencari

lembaga keuangan internasional melalui Bappenas yang siap membiayai pembangunan RS tersebut dan didapatlah negara yang siap membiayainya, yakni Arab Saudi.

“Mungkin jodoh kita dengan Arab Suadi yang siap membiayai pembangunan RS pendidikan tersebut. Jika tidak ada aral melintang pembangunan RS pendidikan Unib dapat direalisasikan,” ujarnya.

RS pendidikan ini akan dijadikan tempat praktik bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unib. Sebab, selama ini mahasiswa kedokteran Unib melakukan praktik di sejumlah rumah sakit yang ada di Bengkulu, termasuk RS M Yunus.

Namun, jika RS pendidikan Unib sudah selesai dibangun dan berfungsi, maka mahasiswa kedokteran perguruan tinggi tersebut, cukup melaksanakan praktik di RS terrsebut.

Karena itu, Unib sangat berharap kepada pemerintah Arab Saudi agar rencana pembangunan

RS pendidikan dapat direalisasikan pada 2019 mendatang, sesuai kesepakatan sebelumnya.

Namun, Rektor Unib Ridwan Nurazi, tidak menjelaskan secara pasti total dana pembangunan RS pendidikan tersebut, yang dikucurkan Arab Saudi ke Unib. “Yang jelas, dana pembangunan RS pendidikan cukup besar,” ujarnya.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang diwakili Asisten I Pemprov Bengkulu, Hamka Sabri

saat meresmikan 5 gedung baru dan sarana pelayanan terpadu Unib mengatakan, menyambut baik rencana Unib membangun RS pendidikan.

“Pemprov Bengkulu, memberikan apreasiasi atas berbagai kemajuan yang dicapai Unib selama ini, termasu rencana pembangunan RS pendidikan pada tahun 2019 mendatang. Kita berharap rencana ini dapat direalisasikan dengam baik, sehingga kualitas Unib semakin meningkat ke depan,” ujarnya.

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/