Cara Mendidik Anak Agar Tidak Malas Belajar

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Malas Belajar

Pernahkah Ayah dan Bunda merasakan hal ini? Atau malah sedang mengalaminya ketika ini? Jika YA, apakah yang Ayah dan Bunda lakukan? Memaksanya belajar? Memarahinya? Atau membaca sekian banyak tips dan menggali solusi menjadikan anak-anak rajin belajar. Bagaimana teknik mendidik anak yang malas belajar

Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar ?
Sebagai orang tua, merasa cemas dengan anak-anak yang malas belajar tersebut wajar. Ayah dan Bunda melulu perlu mengejar solusi yang tepat. Apa solusinya?

Mari anda tanyakan urusan ini pada trainer Leadership Center, Ida S. Widayanti. Pakar parenting yang berhasil menerbitkan kitab seperti “Anak dari Surga Menuju Surga”, “Mendidik Karakter dengan Karakter”, dan masih tidak sedikit lagi.

Berdasarkan keterangan dari Bu Ida (panggilan akrabnya), terdapat 5 langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk menanggulangi anak-anak yang malas belajar.

“Sebenarnya metodenya itu berbeda-beda tergantung pada rentang umur anak-anak. Namun andai secara general ada sejumlah tahapan yang dapat diterapkan pada putra-putri tercinta,” tuturnya ketika temui di ruang kantornya, Menara 165.

Hal kesatu yang mesti dicerna orang tua dalam mengolah rasa malas belajar anak merupakan mendekatinya dan menyuruh bicara dari hati ke hati. Jalin komunikasi yang tepat dan jadilah mitra yang baik guna anak-anak.

Tujuannya merupakan untuk memahami apa penyebab anak-anak malas belajar dan menemukan tahapan yang tepat mendidik mereka. Setelah itu, jajaki terapkan Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar dengan lima tahapan berikut :

#1 Bersama Anak, Temukan Mimpi Mereka
Tahukah Ayah dan Bunda apa mimpi anak-anak. Apa yang mereka cita-citakan? Apa yang mereka sukai? dan sebagainya.

Jika Ayah dan Bunda hendak anak-anak rajin belajar, maka kenalilah mereka terlebih dahulu. Misalnya anak suka menggambar dan hendak menjadi arsitektur, anak senang berdendang dan hendak menjadi musisi, dan seterusnya.

#2 Berikan Pengalaman yang Dekat dengan Mimpi Mereka
Dekatkan anak-anak pada hal-hal yang bersangkutan dengan khayalan mereka. Misalnya, dengan mengekor kursus, mengerjakan perjalanan bersama, mencari kitab bacaan bersama, dan masih tidak sedikit lagi.

Pengalaman ini bakal sangat menolong menumbuhkan motivasi, semangat, dan kemauan dari dalam diri anak dalam bertindak. Anak-anak dapat lebih antusias, saat mengerjakan apa yang digemari dari hati.

#3 Ajak Anak-Anak Berdiskusi
Setelah mengetahui khayalan anak-anak dan menyerahkan dia empiris nyata berhubungan impiannya, maka kini waktunya menyuruh anak-anak berdiskusi. Bersama anak-anak, Ayah dan Bunda dapat bercengkrama mengenai tahap-tahap mewujudkan impiannya.

Contohnya, saat anak hendak menjadi musisi. Salah satu yang perlu dilaksanakan ialah rajin belajar dan berlatih. Nilai mata latihan harus bagus, karena urusan tersebut sangat bermanfaat untuk menolong impiannya.

Berikan keterangan pada anak antara kebersangkutanan apa yang dilaksanakan saat ini dan cita-cita yang hendak digapainya. Ayah dan Bunda juga dapat membantu anak membangun cerminan bagaimana mewujudkan impiannya.

#4 Ketahui Cara Belajar yang Tepat guna Anak
Setiap anak tersebut unik dan memiliki teknik belajar yang berbeda-beda. Bagi itu, tidak boleh memaksakan buah hati belajar seperti teknik Anda, sebagai orang tua.

Cobalah tersingkap dan ketahui model pembelajaran yang laksana apa yang mereka sukai. Apakah mereka senang belajar di atas meja, apakah mereka gampang belajar saat di luar ruangan, dan sebagainya.

#5 Berikan Fasilitas Penunjang Semangat Belajar Anak
Langkah terakhir yang butuh Ayah dan Bunda lakukan merupakan memberikan kemudahan yang menolong anak-anak dalam proses belajarnya. dalam memberikan kemudahan ini, Ayah dan Bunda juga dapat mencari tahu tipe-tipe anak.

Misalnya, tipe anak kinestetik, audio, atau visual. Anak-anak visual senang belajar dengan sesuatu yang dapat mereka lihat, raba, dan rasakan, dan seterusnya. Sesuaikan kemudahan penunjang belajar anak yang kita berikan dengan tipikal setiap anak yang unik.

Demikian sejumlah tips jitu Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar dari Bu Ida. Bagaimana menurut keterangan dari Ayah dan Bunda? Setuju atau mempunyai pendapat lain? Atau justru hendak bertanya?

Baca Juga: