Biografi Charles Coulomb

Table of Contents

Biografi Charles Coulomb

Charles-Agustin de Coulomb lahir di Perancis terhadap 1736. dia berhasal dai keluarga bangsawan yang berpengaruh. Tidak heran kalau dia mendapat pendidikan bersama dengan baik. Coulomb mempunyai bakat besar di dalam bidang matematika dan belajar teknik untuk jadi korps pakar tekni kerajaan. Setelah bertugas di Martinique selama lebih dari satu tahun, dia kembali ke Paris. Pada 1779, dia terpilih jadi anggota Akademi Ilmiah.

Semasa Revolusi Perancis. Coulomb menetap di Blois bersama dengan sahabatnya yang terhitung ilmuwan, Jean-Charles de Borda (1733-1799). Di sana dia meneruskan beraneka percobaannya dan akhirnya diangkat jadi inspektur pendidikan terhadap 1802.

Percobaan awal Coulomb dikerjakan terhadap 1773. pas itu dia bereksperimen tentang tekanan yang bisa memecahkan suatu benda. Ini adalah awal bagi pengetahuan moderen tentang kemampuan benda-benda. Sementara karya Coulomb di bidang listrik dan magnet yang membuatnya kondang justru baru diterbitkan di dalam serangkaian makalah terhadap 1785 sampai 1789.

Setelah lakukan percobaan bersama dengan magnet kompas Coulomb mengetahui bahwa gesekan terhadap sumbu jarum bisa memicu kesalahan. Dia lalu memicu kompas bersama dengan jarum yang tergantung pad benang lembut. Dia menarik pemikiran bahwa besarnya putaran terhadap benang wajib sama bersama dengan kemampuan yang tentang jarum dari medan magnet bumi. Inilah awal
penemuan Timbangan Putar yang digunakan unutk menimbang banda-benda yang ringan.

Timbangan putar membawa Coulomb ke penemuannya yang paling penting. Dengan menjalankan dua bulatan bermuatan listrik di dekat timbangan putar, dia membuktikan bahwa kemampuan di pada ke-2 benda itu berbeda- beda kalau ke-2 benda itu saling menjauh. Dia lalu mempelajari akibat gesekan terhadap mesin-mesin dan menampilkan teori tentang pelumasan. Semua itu, bersama dengan pandanganya tentang megnet ditebitkan terhadap 1779.

Ketika bekerja diberbagai departemen pemerintah terhadap 1784-1789, Coulomb meneliti elektrostatika dan magnet. Pada 1785, dia menciptakan hukum Coulomb yang membuktikan bahwa daya tarik dan daya tolak kelistrikan pada dua benda yang bermuatan listrik adalah perkalian muatanya bersama dengan kuadrat terbalik dari jaraknya. Rumus ini amat sama bersama dengan hukum gravitasi Newton.

Di Blois, Coulomb terhitung meneliti pembawaan muatan listrik terhadap benda. Dia mendapatkan bahwa muatan selanjutnya tersedia pad permukaan benda. Didaptkan pula bahwa daya magnet mengikuti hukum kuadrat terbalik seperti daya listrik statis. Beberapa karyanya ini di awalnya telah ditemukan oleh Henry Cavendish, tapi karya Cavendish baru diterbitkan terhadap 1879.

Penemuan Coulomb yang menegaskan terdapatnya jalinan pada kelistrikan dan magnetisme kelak dibuktikan oleh Hans Christian Oersted dan Simon Poisson. Hal ini terhitung lantas jadi basic penelitian elektrodinamika oleh Andre-Marie Ampere. Semua karya Coulomb membuktikan orisinalitas dan penelitian yang detail dan juga terkun.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga ;