SUPM Waiheru Wisudakan 145 Lulusan

SUPM Waiheru Wisudakan 145 Lulusan

SUPM Waiheru Wisudakan 145 Lulusan

SUPM Waiheru Wisudakan 145 Lulusan

SUPM Waiheru Wisudakan 145 Lulusan

Untuk tahun pelajaran 2018/2019, Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon Rabu 19/6/2019 pagi bertempat di Aula SUPM Waiheru mewisuda 145 lulusan angkatan XXXI.

Pada pelaksanaan wisuda dihadiri staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Drs Halim Daties MM, mewakili gubernur Maluku dan kepala Pusat pendidikan kelautan dan perikanan, Dr Bambang Suprakto A.Pi, S.Pi MT .

Dalam sambutan gubernur, mengatakan kalau Pemda memberikan apresiasi kepada SUPM Waiheru Ambon karena lulusan SUPM telah mampu bersaing dengan lulusan lainnya.

Menurutnya dapat dilihat kalau para lulusan SUPM waiheru Ambon dari angkatan pertama sampai dengan angkatan 31 sudah dapat berkarya pada perusahan-perusahan besar di Indonesia.

Dirinya berharap SUPM Waiheru Ambon senantiasa dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga nantinya para lulusan dapat mampu memanfaatkan potensi laut yang besar di Indonesia, khususnya Maluku.

Pada kesempatan itu pemda juga mengucapkan terimakasih kepada para pimpinan yang telah
bekerjasama dengan SUPM Waiheru Ambon, sehingga lulusan-lulusan sudah bisa ditampung di perusahaan tersebut.

Sementara itu ditempat yang sama kepala Pusat pendidikan kelautan dan perikanan, Dr

Bambang Suprakto A.Pi, S.Pi MT meminta terima kasih kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan anak-anak untuk di didik di SUPM.

Ia menambahkan pada tahun ajaran 2019/2020 kelembagaan SUPM akan ditingkatkan menjadi politeknik perikanan Maluku, tetapi SUPM Maluku tetap akan melanjutkan pendidikan bagi siswa yang saat ini masih duduk di kelas 1 dan 2.

Walaupun sudah menjadi politeknik menurut Suprakto SUPM Waiheru maupun politeknik perikanan Maluku mempunyai tugas untuk melakukan pembinaan terhadap SMK yang ada di Maluku dan Maluku Utara yang berjumlah lebih dari 40..

Dijelaskan pula saat ini sudah ada persetujuan Menteri perikanan dan kelautan , dan masih

menunggu ijin dari kemenristek dikti, yang nantinya tahun 2019/2020 akan mulai dibuka penerimaan Mahasiswa poltek perikanan.

Sementara itu dalam sambutan Kepala SUPM Waiheru Ambon Achmad Jais Ely ST. M.Si menjelaskan kala SUPM telah menghasilkan tenaga teknis perikanan tingkat menengah yang tersebar di berbagai instansi pemerintah di seluruh Indonesia sebanyak 2787 orang.

Ia menambahkan sesuai dengan inpres nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi sekolah

menengah kejuruan dalam rangka peningkatan revitalisasi dan daya saing SDM saat ini maka sudah ada 39 SMK kelautan dan perikanan di Maluku dan Maluku Utara yang sudah bekerjasama dengan SUPM.

SUPM saat ini telah ditunjuk sebagai tempat uji kompetensi dan telah mendapat lisensi dari BNSP sebagai lembaga profesi serta sebagai hasil implementasi MOU selama 5 tahun .

Dijelaskan pula dalam rangka peningkatan pelayanan SUPM Ambon juga telah mengembangkan inovasi-inovasi baru seperti aplikasi-apliikasi sistim pelayanan publik dan juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia.

 

Baca Juga :