KINKAKUJI & GINKAKUJI

KINKAKUJI & GINKAKUJI

Table of Contents

KINKAKUJI & GINKAKUJI

KINKAKUJI & GINKAKUJI

KINKAKUJI & GINKAKUJI

Pada zaman Muromachi, karena pemerintahan Bakufu berpusat di Kyoto, maka hal-hal yang bersifat militer & bersifat kebangsawanan melebur & menjadi suatu kebudayaan baru yaitu budaya militer & bangsawan (BUKE BUNKA). Kebudayaan baru tersebut merupakan kebudayaan yang sederhana & mendalam yang mendapat pengaruh dari Dinasti MING & YUAN di Cina.
Kebudayaan ibukota meluas smpai ke daerah & di berbagai tempat lahir kebudayaan rakyat(MINSHU no Bunka). Hasil kebudayaan pada zaman ini di bidang arsitektur bangunan yaitu : KINKAKUJI(kuil emas) & GINKAKUJI(kuil perak).

KINKAKUJI (KUIL EMAS)

Awalnya sebuah villa yang dibangun di daerah Kitayama (kyoto) oleh Ashikaga Yoshimitsu pada akhir abad 14(Th 1397).
Kinakaku mengambil gaya arsitektur bangsawan & kuil ZEN di Cina yang seluruhnya dilapisi emas sehingga menjadi sebuah bangunan yang indah. Pada tahun 1950, bangunan ini pernah rusak karena kebakaran, namun dibangun lagi hingga bentuknya seperti sekarang ini.

GINKAKUJI (KUIL PERAK)

Awalnya juga sebuah villa yang dibangun di daerah Higashiyama (kyoto) oleh Ashikaga Yoshimasa pada akhir abad 15(th 1482).
Ginkakuji bangunannya dilapisi perak & mengambil gaya arsitektur kuil ZEN yang disebut “SHOINZUKURI” yang ciri bangunannya dimana di dalam ruangannya terdapat “TOKO NO MA”(tempat tidur), “CHIGAI DANA”(RAK), dan “TATAMI” yang terhampar dengan rapi, kemudian antara kamar dg kamar dipisahkan o/ “FUSUMA”(pintu dorong dari kertas), dinding, dan digunakan juga “AKARISHOJI”(jendela kertas). Gaya ini kemudian diambil sebagai gaya rumah kaum militer & menjadi asal dari rumah gaya jepang skrg.

Baca Juga :