Wujudkan Pernikahan Impian, Inilah Simulasi Tabungan Bagi yang Ingin Menikah di Usia Ideal

Wujudkan Pernikahan Impian, Inilah Simulasi Tabungan Bagi yang Ingin Menikah di Usia Ideal

Menilik berbagai vendor pernikahan mungkin membuatmu megap-megap karena harga yang relatif cukup mahal. Mulai dari gedung hingga cincin pernikahannya. Walaupun sudah meminimalisir tapi tetap saja kamu tak hanya bisa mengeluarkan satu dua juta. Kamu tetap perlu memiliki uang yang tak sedikit, kecuali jika tak ingin mengadakan resepsi. Jika saat ini kamu baru lulus dan pendapatanmu belum seberapa, kamu tetap bisa kok menabung mulai dari sekarang.

Agar tak ngoyo saat sudah dekat dengan waktu menikah apalagi sampai berhutang, Hipwee Wedding memiliki beberapa tips menabung untukmu yang ingin nikah di usia ideal. Simak yuk!

1. Jika usia menikah ideal menurutmu adalah sekitar 25 tahun, kamu memiliki rentang sekitar tiga tahun untuk menabung

ika saat ini kamu baru lulus dan memiliki umur 22 tahun, artinya untuk menuju umur 25 tahun kamu masih memiliki waktu sekitar tiga tahun untuk menabung sebelum melaksanakan pernikahan. Katakanlah gaji pertama yang kamu terima sekitar Rp 3.000.000,00 dan rencana pernikahanmu dengan paket seharga Rp60juta. Maka kamu perlu melakukan hitung-hitungannya setiap bulan.

2. Jika kamu mau menyisihkan 15% dari gajimu, dalam jangka waktu tiga tahun, kamu dan pasangan sudah bisa bayar sewa gedung dan katering

Memiliki besaran yang pasti akan membuatmu lebih fokus dalam menabung. Tak perlu banyak-banyak, jika dilakukan dengan pasangan, hal ini akan terasa lebih ringan kok. Anggaplah gaji kalian sama, jika kalian menabung 15% setiap bulannya, kalian sudah bisa mengumpulkan sekitar Rp32juta dalam tiga tahun.

3. Jika kamu dan pacar memiliki bujet kencan, kamu bisa mengurangi dana yang ini. Sesekali boleh kencan mewah, tapi tak perlu setiap minggu juga

Mungkin kamu dan pasangan akan kencan yang sesungguhnya untuk jalan-jalan atau sekadar makan setiap akhir pekan. Jika setiap bulannya kamu dan pasangan menghabiskan Rp 400.000,00, kamu bisa mulai menguranginya seperti menjadi Rp 200.000,00. Triknya jika kalian biasa menonton di akhir pekan, kalian bisa mengubah agenda ini menjadi menonton film di hari biasa sepulang kerja karena harganya cenderung lebih murah. Sisanya bisa kamu tabung untuk pernikahan.

4. Makan siang di luar biasanya akan lebih boros. Tak ada salahnya kamu membawa bekal dari rumah.

Jika alokasi makanmu selama sehari di kantor sebesar Rp15.000,00, kamu bisa menghemat hingga setengahnya jika membawa makan sendiri dari rumah. Dengan sistem penghematan ini kamu bisa mengumpulkan hingga Rp 5.400.000,00 yang bisa dipakai untuk membeli cincin bahkan masih sisa.

5. Alih-alih membelikan hadiah lucu dan mahal setiap ulang tahun pasangan, kamu bisa menggantinya dengan seserahan.

Kamu bisa memberikan hadiah dalam bentuk seserahan pada ulang tahun pasangan setiap tahun. Harga seserahan ini bervariasi tapi umumnya sekitar Rp 4.000.000,00, dengan catatan barangnya tak perlu branded nan mewah ya. Tiga tahun kalian bersama maka sudah bisa mengumpulkan 6 seserahan hasil dari dua kali ulang tahun kamu dan pasangan setiap tahunnya.

6. Akhir pekan yang biasa kalian gunakan untuk berkencan, bisa kalian alihkan untuk membuat usaha bersama.

Jika dalam satu bulan saja kalian mendapatkan penghasilan tambahan sebesar Rp 400.000,00 melalui usaha ini dan ditabung, kalian sudah bisa mengumpulkan sekitar Rp 14.400.000,00 selama tiga tahun. Selain itu, kalian juga bisa belajar untuk menghadapi masalah bersama melalui usaha ini.

Dengan hitung-hitungan tersebut kamu dan pasangan sudah bisa mengumpulkan sekitar Rp 60juta selama tiga tahun. Tapi ini belum dihitung dengan kenaikan gajimu ya. Kamu bisa menyesuaikan sendiri nantinya. Trik agar uangmu bertambah, kamu juga bisa menyimpannya dalam bentuk deposito sehingga akan mendapatkan bunga setiap bulannya.

Baca Juga :