Contoh prosedur memulai pelajaran

Contoh prosedur memulai pelajaran

Contoh prosedur memulai pelajaran

Contoh prosedur memulai pelajaran

Contoh prosedur memulai pelajaran

Guru dapat menentukan prosedur yang harus diikuti semua siswa, dimulai ketikaguru memasuki lkelas hingga keluar kelas lagi. Berikut contoh prosedur

Duduk sempurna di krsimasing-masing

Meyiapkan perlengakapan

Menciptakan suasana senyap

Kathy Paterson, dalam 55 theaching dilemmas, menceritakan cara dia menjalankan prosedur di kelas dengan bantuan sebuah lonceng kecil. Ketika lonceng dibunyikan, semua anak memperhatikannya. Selain ketiga langkah prosedur saat memulai pelajaran yang dirumuskan, guru juga bisa menggunakan alat bantu, sebagimana Kathy. Guru bisa mencatat rekor siswanya, meskipun tidak setiap saat. Guru harus menyiapkan langkah-langkah untuk memecah kebekuan. Misalnya, setiap kali masuk kelas dan akan memberikan pelajaran, ia bisa memulainya degann memberikan ice breaking, yaitu kegiatan yang bertujuan memecah kebekuan dan menghangatkan komunikasi guru dengan siswa. Ice breaking ini bisa berwujud tebak-tebakan, joke, bermain tepuk tangan, bernyanyi, bermain sulap, atau sekilas info. Inti dari ice breaking yakni membuka komunikasi guru dengan siswa dengan sesuatu yang ringan dan menghangatkan sebelum memulai pembelajaran.

Training sangat penting dalam mewujudkan budaya sekolah yang diimpikan para guru. Sekolah yang tertib, bersih, disiplin, agamis, dan kreatif adlah contoh daya sekolah yang ingin dibangun para guru. Keberhasilan training di awal tahun ajaran akan membuat sekolah memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengukir prestasi. Sebaliknya, tanpa training yang bagus dim as awal, sekolah akan kehilangan banyak wktu sepanjang tahun hanya untuk mendisiplinkan dan menasehati siswa-siswanya. Guru yang baik tidak akan tinggal diam jika melihat siswa yang indisipliner dan melakukan pelanggaran. Mereka dengan sendirinya bergerak untuk menangani hal tersebut.