KLUB BELAJAR KREATIF

KLUB BELAJAR KREATIF

Table of Contents

KLUB BELAJAR KREATIF

KLUB BELAJAR KREATIF

KLUB BELAJAR KREATIF

Berpikir Atau Mati

Inovasi memang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan, baik pekerjaan yang bersifat professional atau yang lain. Karena inovasi berakar dari sifat kreatif, maka seorang pekerja dituntut untuk memiliki daya kreatif. Banyak aspek yang mencirikan kekreativan seseorang. Salah satunya adalah kemampuan untuk memunculkan beragam alternatif pemecahan masalah. Kemampuan ini mencangkup keterampilan mengombinasikan tata letak objek-objek yang tersedia menjadi bentuk-bentuk yang berbeda. Cara kita belajar dan gaya kita dalam bergaul bisa juga bersifat kratif. Upaya kita untuk menemukan cara belajar yang tepat, juga langkah-langkah dalam bersikap dan berinteraksi dengan teman, keduanya adalah kegiatan kreatif. Setiap manusia lahir dengan potensi kreatif masing-masing. Proses kreatif memungkinkan manusia untuk menciptakan bermacam-macam karya dari sumber dayayang terbatas. Sifat kratif adalah aspek kesehatan mental yang penting. Sifat ini berpengaruh positif pada keefektifan cara memimpin. Pemikiran yang kreatif juga akan meningkatkan kemampuan penalaran dan intuisi.

  • Percaya diri

Sering kali, orang –orang juga beranggapan bahwa daya kreatif bisa muncul bila dana sebagai modal utamanya mencukupi. Padahal, banyak orang-orang yang dianggap kreatif menanyakan bahwa daya kreatif mereka bukan berdasarkan jumlah uang yang mereka terima. Justru, orang-orang yang terlalu memikirkan materi malah memberikan terlalu sedikit waktu untuk berkreasi. Daya kreatif bisa pula muncul karena adanya deadline. Selain itu, daya kreatif bisa muncul dari kompetisi.

  • Resiko dan konsekuensi

Resiko adalah akibat negatif dari sebuah perbuatan, defangkan konsekuensi adalah setiap akibat dari sebuah perbuatan, baik yang positif atau negatif.ada yang mengatakan konsekuensi adalah akibat dari sebuah perbuatan yang akan selalu muncul tanpa bisa dihindari, sementara resiko adalah potensi akibat yang masih bisa dicegah. Daya kreatif dapat muncul pula dari kebisaaan, atau lebih tepatnya, kebisaaan berkreasi. Mulanya bisa saja sekedar coba-coba, tapi jika terus dilakukan dengan ketekunan dan ketelitian, siapa tahu hasilnya. Kita perlu terus-menerus menjaga dan mengembangkan kepekaan dan rasa ingin tahu kita.

  • Karang penghalang besar

Perilaku kreatif memang bisa diajarkan dan dipelajari. Meskipun demikian, tidak berarti hanya orang yang berprestasi akademis yang memilikinya. Supaya kita kita bisa menjadi orang kreatif, ketermapilan dan daya kreatif pun belum cukup. Motivasi tidak kalah penting. Kterampilan, daya kreatif, demikian juga bakat, tidak secara otomatis mendorong seseorang. Motivasi adalah faktor penting yang akan menggerakkan keativitas. Penghalang bisa berasal dari dalam diri kita maupun segala aspek luar yang mempengaruhi kondisi diri kita. Pengahalang internal dapat berupa rasa malas, pola pikir, dan hasrat. Penghalang eksternal pada umunya adalah kondisi-kondisi ruang hidup yang tidak mendukung.

  • Mengubah diri sebelum segalanya berubah

Kita ditantang berpikir secara berbeda dan dengan cara baru, di luar kebisaaan kita selama ini. Hal-hal semacam ini akan membuka jalan dan selalu merangsang daya kreatif. Mereka yang lebih melihat perubahan sebagai ancaman terhadap kemamapanan daripada melihatnya sebagai peluang besar. Padahal, daya kreatif dapat tercetus dari gesekan, benturan, akulturasi, atau bahkan konflik.

Baca Juga :