Sarana dan Prasarana Masih Menjadi Kendala Utama

Sarana dan Prasarana Masih Menjadi Kendala Utama

Sarana dan Prasarana Masih Menjadi Kendala Utama

Sarana dan Prasarana Masih Menjadi Kendala Utama

Sarana dan Prasarana Masih Menjadi Kendala Utama

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 tahun

2014, tentang standar nasional pendidikan anak usia dini terkait, standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar sarana, dan prasarana ,serta standar pembiayaan.

Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Asep A Sudrajat mengatakan, di Kabupaten Bogor sekitar 80 persen lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) belum mampu melaksankan peraturan menteri tersebut.

“Untuk masalah sarana dan prasarana serta sumber daya manusia pendidik kita masih kurang,” ujar Asep saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, berdasarkan kenyataan bahwa mayoritas guru PAUD di Kabupaten Bogor tidak

memenuhi pengajar pendidikan non formal (PNF). Kedepan, ia mengaku akan rutin berupaya memperbaiki kualitas dan mutu pendidikan dan latihan berjenjang yang dibagi menjadi tiga jenjang yaitu dasar, lanjut dan mahir, sehingga guru PAUD yang belum berpendidikan dapat memperoleh pelajaran dan materi pelatihan untuk pendidikan setara dengan sarjana PAUD.

“Nanti para tenaga pendidik di PAUD akan memperoleh dasar latihan yang berkesinambungan, dan kualitas tenaga pendidik PAUD akan semakin bertambah mahir sehingga bisa menghasilkan anak didik yang cerdas,” bebernya

Untuk itu, Asep meminta agar para pendidikan PAUD jangan merasa puas dengan apa yang

sudah dicapai namun mereka harus terus menerus belajar guna meningkatkan mutu pengajaran baik dari pendidikan formal maupun non formal seperti mengikuti seminar atau pelatihan yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

“Dengan mereka memberikan pengajaran yang baik maka akan menghasilkan anak usia dini yang baik pula, dari segi prilaku maupun tingkat kecerdasan sehingga bisa meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya tanpa merasa kesulitan,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.evernote.com/shard/s390/sh/2eefe180-e729-4c7f-8400-37ff03174f1c/2118b646baac4758eb8056f5dab30243