Mengenal Olahraga Bola Tangan ( Handball ). Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Tangan

Mengenal Olahraga Bola Tangan ( Handball ). Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Tangan

Mengenal Olahraga Bola Tangan

Bola tangan adalah olahraga beregu di mana dua regu bersama tiap-tiap 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berupaya memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip bersama sepak bola, akan namun langkah memasukan bolanya bukan kenakan kiaki terhadap kebanyakan melainka kenakan tangan.

Sejarah Bola Tangan
Permainan bola tangan yang kita kenal terhadap selagi ini, pertama kali diperkenalkan terhadap th. 1890 oleh seorang tokoh gymnastic berasal dari Jerman yakni Konrad Koch. Akan namun permainan bola tangan ini tidak dapat segera jadi tenar terhadap selagi tersebut. Sejak diperkenalkan oleh Koch dan berkembang di Eropa, sampai th. 1904 cuma sedikit sekali terdengar mengenai permainan ini. Setelah perang dunia pertama berakhir, dua orang Jerman yakni Hirschman dan Dr. Schelenz memajukan dan mempopulerkan lagi permainan bola tangan ini. Pada permulaannya, bola tangan tidak diakui sebagai cabang olahraga yang berdiri sendiri, gara-gara belum membawa badan/organisasi sendiri.

Permainan bolatangan yang dimainkan terhadap era Yunani kuno merupakan sebuah sinyal terciptanya olahraga bolatangan modern. Dimana wujud permainan dan peraturannya masih benar-benar berbeda.
“Fangballspiel” atau permainan “tangkap bola” yang diperkenalkan didalam sebuah lagu oleh seorang penulis puisi Jerman bernama Walther von der Vogelweide (1170- 1230), di mana seluruh info berikut merupakan tanda-tanda tentu yang dapat diekspresikan sebagai wujud kuno berasal dari permainan bolatangan.api langkah memindahkan bola adalah bersama tangan pemain, bukan kaki.

Sejarah Perkembangan Bola Tangan di Indonesia
Pada era lalu, permainan bola tangan membawa banyak penggemarnya di Indonesia, lebih-lebih pelajar dan mahasiswa. Bentuk permainan bola tangan yang dimainkan ialah bola tangan 11 pemain (Outdoor/field handball) dan dikerjakan didalam aktivitas intra kulikuler maupun ekstra kuliler. Pada era itu terhitung memadai banyak pertandingan diselenggarakan, baik oleh perguruan tinggi maupun oleh organisasi mahasiswa.

Permainan bola tangan pernah isi acara pertandingan didalam Pekan Olahraga Nasional, namun cuma terhadap PON ke II yang diselenggarakan di Jakarta terhadap th. 1951. Peserta pertandingan terhadap watu PON II tersebut, cuma terdiri berasal dari empat daerah yakni : Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Selain didalam PON, permainan bola tangan terhitung pernah isi acara didalam Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) yang sekarang berubah namanya jadi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). Bola tangan pernah dipertandingkan terhadap POM ke V yang diselenggarakan di Medan terhadap Tahun 1960.

Akan namun permainan bola tangan ini cuma bertahan sampai akhir orde lama (1965-1966) dan lantas secara perlahan permainan bola tangan mengalami kemunduran dan akhirnya jadi tidak populeer lagi.
Meskipun demikianlah sampai selagi ini permainan bola tangan merupakan tidak benar satu cabang olahraga yang mesti diajarkan kepada siswa SMP maupun SMA. Bola tangan terhitung merupakan mata kuliah mesti di Fakultas Pendidikan Olaharaga dan Kesehatan (FPOK) di Unversitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan dibeberapa Perguruan Tinggi.

Itulah materi mengenai peristiwa perkembangan olahraga bola tangan yang dapat aku sampaikan mudah-mudahan bermanfaat.

Baca Juga :