Category Archives: P.Umum

JANGAN NIKAHIN ANAK ORANG KALO BELOM SIAP

JANGAN NIKAHIN ANAK ORANG KALO BELOM SIAP

JANGAN NIKAHIN ANAK ORANG KALO BELOM SIAP

JANGAN NIKAHIN ANAK ORANG KALO BELOM SIAP

JANGAN NIKAHIN ANAK ORANG KALO BELOM SIAP

Assalamualaikum teman- teman pembaca setia blog ini dan para stalker beserta para Haters semoga kalian selalu bahagia ya. aamiin
rasanya saya hampir lupa kalo saya punya blog yang setelah saya pikir-pikir blog ini adalah tempat dimana saya bebas mengungkapkan apa yang ingin saya ungkapkan.
hahahah kangen juga.

sempet nyesel sih bulan april kemaren gak ada postingan sama sekali. berhubung satu haru satu postingan udah terlalu mainstream,  saya hanya ingin menulis satu bulan satu postingan saja dululah.
pelan-pelan aja  sekedar iseng juga nulis blog.

oya, belom lama ini temen SMA saya melangsungkan pernikahan dan biasanya disana merupakan ajang reunian. entah sudah berapa teman yang memberanikan diri untuk menikah muda. hahhaah
kadang saya mikir, kok mereka (nomention:red) berani ya buat nikah diusia dini atau malah di usia perempuan dibawah 20tahun.

dan ada sebagian contoh disekitaran saya, teman sebaya saya cowok. dia usianya 20 tahun. sudah berani menikahi anak orang???? OHMAAAAYGOOOOOOSSSSSHHH. mau dikasih makan apaan bini sama anaknya entar?
ya emang katanya sih daripada pacaran lama-lama. terus bikin dosa dan maksiat.
yaelaaah yaudah kagak usah pacaran dulu kalo gitu, Jombo aja gih. wkwkwkk

tapi kan menikah gak sekedar janji di depan penghulu, atau sekedar bikin anak.
apalagi cowok kan.
tanggung jawabnya besar. menikah itu butuh kesiapan mental. kesiapan bagaimana untuk membimbing anak orang menjadi yang lebih baik, kesiapan bagaimana untuk tidak kasar sama perempuan,  kesiapan materil juga penting. yaa untuk mereka yang hartanya gak abis abis sampe 7 turunan sih gak masalah.
tapi? buat yang belum memiliki pekerjaan tetap atau bahkan masih menganggur dan sudah berani nikahin anak orang?
mungkin mereka beranggapan bahwa  pintu rezeki akan terbuka luas jika sudah menikah.
ada benernya sih, cumaaan dijaman sekarang ini perusahaan jarang menerima pegawai yang sudah menikah sebelum waktunya menikah.
Nah kalo udah kaya gitu kan entar berantem gara gara gabisa menuhin kebutuhan, udah gitu entar hubungan pernikahannya gak Lama Cerai.
kalo kaya gitu gimana dong?
eh tapi kalo udah siap mah ya gapapa. heheheh
yaudahlah ya itu cuma celotehan saya juga doang wkwkwk. itu adalah hak masing-masing, serah sih mau nikah pas masih orok juga.

yaudah deh ya.  cuma iseng doang kok nulis ginian hahahahah.
wassalam

Baca Juga :

Sunshine 6

Sunshine 6

Sunshine 6

Sunshine 6

Sunshine 6

Dalam jalan dua bulan secepet itu kamu berubah.
Aku udah gak kenal lagi sama kamu. Kamu bilang, kamu kangen sama aku. Kamu juga bilang kalo kamu masih sayang sama aku. Aku respon kamu panjang lebar. Aku tunggu kamu, sampe kamu pulang kerumah. karena kamu tau? aku juga kangen sama kamu. aku sayang sama kamu.
Tapi apa?
Omongan dan Sikap kamu sama aku udah muter 180° DERAJAT!!!!
Chat kamu sedikit banget. Bales seperlunya. 3-4jam kemudian baru kamu bales. Terus tau tau kamu pamit tidur. Gapernah bisa kamu coba yakinin aku. Gapernah ada satu usaha pun buat kamu perbaikin semuanya. Itu yang bikin aku ragu.

Udahlah kayanya emang gaperlu lagi ada yang kita bahas. Gaperlu kita ketemu lagi.
Semuanya udah cukup.
Kalaupun nanti kita balikan lagi pun aku ga yakin kamu bakal sayang banget lagi sama aku kaya dulu.

Makasih buat hari dan waktunya belakangan ini.
Aku bener-bener harus menghilang dari kamu. Dan kamu gaperlu sok-sokan cegah aku lagi. Kamu tanya hati kamu. Masih penting gak aku buat hidup kamu.

jangan lupa solat, kamu lanjutin juga kuliahnya. Kamu laki laki tangguh aku tau itu. : )
Abis kamu selesai baca tulisan ini dan tulisan lainnya, kita harus saling ngejauh karena udah ga ada lagi yang harus kita omongin.
Makasih buat hatinya. Perasaannya dan semuanya. Aku seneng pernah jadi bagian dr hidup kamu. dan sekarang catet nama aku didaftar mantan kamu yang ke 99999 ya. Hahahaha :p

Sumber : https://aziritt.net/

Bersama Kamu dan Kenangan Bahagiaku.

Bersama Kamu dan Kenangan Bahagiaku.

Bersama Kamu dan Kenangan Bahagiaku.

Bersama Kamu dan Kenangan Bahagiaku.

Bersama Kamu dan Kenangan Bahagiaku.

Baru kemarin kamu bilang aku adalah penantianmu selama 18 bulan itu.
Aku memilihmu karena kamu berjuang untukku.
Kamu yang penyabar, kamu yang rela berkorban, kamu yang gak ngerokok, kamu yang tangguh, kamu yang tanggung jawab, kamu yang penyayang, kamu yang pendiam jika berhadapan dengan orang baru, kamu yang pecemburu, kamu yang memiliki cerita pahit di masa lalu, kamu yang selalu ingin belajar, semuanya.
Rasanya tidak akan ada habisnya jika berbicara tentang dirimu. Sekalipun kamu telah menjatuhkan hatiku di dasar jurang yang dibawahnya terdapat ranting-ranting dan batu batu besar yang menyakitkan. Aku tahu, mungkin kamu saat ini sedang menertawakanku karena aku belum berhasil bangkit dari anganku. Tepatnya angan kita yang sekarang bukan anganmu. Kamu menertawakanku karena aku yang sangat lemah tanpamu.
Ingatkah kamu kencan pertama kita yang begitu syahdu di malam hari? waktu itu kita saling tersenyum salah tingkah. Aku menatap pancaran wajah di Bola mataku.  Akhirnyaaa kamu berhasil ngajak aku jalan. Kamu tau, aku paling susah diajak jalan sama laki laki yang baru aku kenal. Dan kamu tau, Alasan kenapa aku menerima ajakanmu? Karena itu adalah hadiah dari kesabaranmu. Kamu telah berjuang membuka hatiku. Iya, Aku mulai membuka hatiku setelah aku tau kamu berjuang.
Oya, waktu kita ke Jungleland  itu kamu inget? aku sangat sangat sangaaaaaaaaat bahagia. kamu tau kenapa? karena aku bisa melihat wajah ketakutanmu setelah naik wahana yang menyeramkan selama 10menit. hihihih. terlebih kamu ngerasa mual saat itu. Maaf ya, karena aku kamu yang emang takut  ketinggian jadi bela-belain naik bareng aku. 🙁 dari situ aku mulai tau kamu phobia ketinggian. Dan kita naik bianglala. Aku dan kamu berada di Bianglala paling atas. Aku tau kamu sedang menyembunyikan rasa takut itu didepanku, dan kamu tersenyum. Ya tuhaaan..  saat itu aku sedang berada diatas bersama Orang yang paling aku sayang. Menjamah Langitmu, bersama Laki laki yang amat mencintaiku. Aku bahagia. Sangat bahagia. Dan kita mengelilingi seluruh wahana yang ada di Jungleland  itu. Kamu memegang erat seluruh jemariku. menyuruhku untuk bersandar di bahumu.
Dan kamu tau apa yang membuat aku sangat bahagia? Kamu membuatkan Nasi Goreng untukku. Rasanya sedikit Asin tapi enaaak.. Nasi goreng dengan campuran daun bawang, Teri kecil, Telur, dan ayam. Bahkan aku masih mengingatnya sampai sekarang. Terimakasih lelakiku, kamu rela masakin semuanya buat aku dan nerima tantangan aku buat bikin nasi goreng. Aku tau kamu jagoanku yang paling hebat.
Dua minggu berikutnya, kita pergi ke The Jungle. Aku ingat betul, kita janjian di sebuah Minimarket dan kita membeli makanan makanan untuk di makan disana. Padahal aku masakin nasi goreng buat kita makan disana. hihihih. Dan dalam perjalanan kita terlibat cekcok kecil namun berhasil bikin aku diem sepanjang jalan. Kamu marahin aku, kamu bentak aku karena aku gak fokus diajak ngobrol saat itu. Andai kamu tau, saat itu aku sedang membuka Google Maps yang tak kunjung muncul Peta nya. Tapi kamu malah bentak aku dan menuduh aku sedang chattingan sama cowok lain. Aku cuma bisa diem pas kamu bentak aku. DAN pas sampe parkiran The Jungle, kita hampir balik lagi dan mengurungkan niat untuk tidak jadi kesana. Akhirnya aku memutuskan untuk coba ngalah dan baikan karena kita udah terlanjur sampe tempat.
Tuhkan, gapernah ada capeknya aku  nulis dan nginget tentang kamu. Mau aku lanjutin lagi ceritanya tentang bayangan arwahmu di hidupku? Sebentar. aku tarik nafas dulu. berharap gak akan ada yang netes dari mata. STOP bilang aku cengeng. iya kalo aku cengeng kenapa? masalah buat kamu? Udahlah gausah sok peduli sama aku. Aku gapapa kok. 🙂
oya, Lanjutin lagi yaaa.
Pas di Jungle, aku balikin lagi senyumku dan amarahmu. Jangan bentak aku lagi, aku paling gabisa kalo dibentak. Dan kami membeli Harga tiket masuk  The Jungle pas Weekend 95000 @orang. kebetulan waktu itu lagi diskon Hari merdeka. hahahha jadinya cuma 75Rb deh. tapi itu belom termasuk Nyewa Ban dan Loker. duhh kok jadi ngomongin harga? pamali. pamali hahahahah
disitu kita seneng-seneng. Naik Perosotan Air yang Tinggiiiiiiiiiii banget. hahahhaha ini kali pertamanya aku merasakan seluncuran air bersama laki-laki yang aku sayang. menyusuri Sungai dengan BAN berdua. aaaaaaah tambah lagi kebahagiaanku.terus kita main di Air panasnya. Seru banget.  abis itu, Kita makan nasi goreng yang aku buat. Cuma satu kotak sih sayangnya. tapi, kata orang itu Romantis. Jadinya aku Suapin kamu lebih banyak aja deh meski aku laper banget kemaren. hahahah. Kamu bilang Nasi Goreng aku enak. Entah kamu boong apa engga. tapi kalo menurut aku sih ENAK BANGET HAHAHHAHAHAH iyalah gue yang masak :P,
Abis itu kita nonton film 3D. Lucuuuu banget. seru kayak di Dufan.
 Gak lupa ya semua nya selfie berdua. hihih. aku kangen deh tuh jadinya.
terus abis kita nonton 3D kita ke Kafe Micasa.
AAAAH itu, kafe kita sering ngedate berdua. Meski kesana mulu kalo kita Dinner atau Lunch. Juga ga bosen bosen hihih biarin deh sekarang jadi Kafe kenangan ya :p
Humm apalagi ya, Banyaaak bgt. Oiya kamu marah gara-gara kamu nge-razia Handphone aku pas itu. kamu nemuin Incoming Call dan Missed Call dari orang yang ga aku kenal. Dia ngejar-ngejar aku, tapi aku kan ga nanggepin. aku ga berani jujur soalnya aku taku kamu marah.
DUUUUUUH masih sanggup gak ya nulis beginian lagi.
Abis itu kamu marah. kamu pergi. kamu langsung bayar makanan dan sepanjang jalan aku di diemin.
Dan aku coba minta dia berenti buat jelasin siapa orang itu.
Akhirnya kita Solat magrib dan setelah tenang kita ngomong dari mata sampe ke hati.
Pas itu Aku nangis, karena aku gamau kamu salah paham dan aku kehilangan kamu.
HAH AKU TARIK NAFAS DULU.
tapi nyataynya aku malah kehilangan kamu beneran. kamu udah jenuh sama aku. kamu pengen suasana lain selain aku. Pahit banget ya rasanya. kalo tau aku bakal susah move on kaya gini, mendingan aku dulu gausah ngasih hati sepenuhnya sama kamu. 🙂 Tapi aku gak nyesel, aku udah bertahan sekuat tenaga aku. Aku udah setia sama kamu sama waktunya berakhir kemarin.
Makasih ya sunshine, kamu udah sempet mampir di hidup aku.
meski cuma sebentar, aku menikmati rasanya dicintai dan mencintai dengan tulus
Jogging Memperpanjang Usia

Jogging Memperpanjang Usia

Jogging Memperpanjang Usia

Jogging Memperpanjang Usia

Jogging Memperpanjang Usia

Manfaat jogging tidak diragukan lagi, wajar bila jogging juga diyakini mampu memperpanjang masa hidup Anda.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal seperti dikutip satumed.com, memperlihatkan bahwa orang-orang yang ber-jogging secara teratur memiliki kemungkinan lebih besar untuk hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Mengapa demikian? Ini kemungkinan besar karena organ-organ tubuh orang-orang yang ber-jogging bekerja dengan lebih baik, daripada organ-organ orang yang tidak berjogging sama sekali. Organ tubuh yang dimaksud adalah jantung dan paru-paru.
Pada saat jogging, jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras. Darah yang dipasok oleh jantung ke otot dan organ tubuh lainnya pun lebih lancar. Dengan latihan yang rutin ini pula pada akhirnya jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat, serta memiliki kapasitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berolahraga.

Tips Jogging:
Gunakan sepatu yang sesuai untuk jogging Sebelum jogging, sebaiknya lakukan dulu pemanasan di bagian urat-urat lutut, punggung bagian bawah, serta
otot-otot betis. Jika Anda telah lama tidak berolahraga, mulailah jogging ini secara bertahap. Untuk minggu-minggu pertama, cukup lakukan jogging selama 15 – 20 menit. Lakukan 1 – 2 kali seminggu. Jangan lupa untuk minum selama dan setelah jogging

Meningkatkan Fungsi Otak

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau latihan olahraga secara teratur juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Suatu penelitian di Jepang menyatakan, setelah ber-jogging selama 30 menit sehari selama 12 minggu, para pe-jogging mempunyai kemampuan menghafal dan melakukan tugas-tugas lainnya lebih baik daripada yang bukan pe-jogging.
Dijelaskan, jogging teratur serta cukup takarannya menyebabkan peningkatan protein yang disebut brain derived neurotropic factor (BDNF), yang sangat bermanfaat bagi fungsi otak. Semakin tinggi kadar BDNF, semakin tinggilah kemampuan memori dan belajar seseorang.
Jadi, bagi Anda yang ingin tubuh bugar, mental sehat, dan panjang umur, namun belum membiasakan olahraga dalam rencana hidup sehat Anda, segera saja memulainya dengan jogging. Dan lihatlah manfaatnya.

Sumber : https://zalala.co.id/castlevania-grimoire-of-souls-apk/

puisi dexi_child gaol

puisi dexi_child gaol

puisi dexi_child gaol

puisi dexi_child gaol

puisi dexi_child gaol

Berawal dari sebuah tempat yang mempersatukan kita…

Kita saling berkenalan dan berusaha untuk mengetahui satu sama lain…

Berawal dari 4 kubu …

Sepasang demi sepasang yang digabungkan menjadi 8 serangkai…

Itulah kami…

Dexi_child gaoL…

Kami tak butuh waktu lama dalam memutuskan sebuah kebersamaan…

Tak butuh banyak kata untuk mempersatukan 4 kubu…

Tak butuh pula meyakinkan diri untuk menjadi yang terbaik pada kubu lainnya…

Kami hanya butuh satu slogan…hanya satu slogan… yaitu,,,

Walau ego slalu menyertai diri,, namun ego itu takkan mampu memecahkan semangat yang terpatri dalam diri

dimana,,

Kita adalah satu,, walau hanya satu,, namun memiliki arti yang tidak cukup hanya satu,, dan satu akan terus melambangkan kebersamaan sampai satu hal yang memisahkan satu… yaitu satu tempat… tempat akhir menutup cerita hidup …

cerita tentang kisah persahabatan “dexi_child gaoL”.

Baca Juga :

Jalan Layang Solusi Atasi Kemacetan

Jalan Layang Solusi Atasi Kemacetan

Jalan Layang Solusi Atasi Kemacetan

Jalan Layang Solusi Atasi Kemacetan

Jalan Layang Solusi Atasi Kemacetan

ntuk mengatasi masalah kemacetan di Ibu Kota, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mewujudkan sistem pola transportasi makro (PTM). Salah satunya dengan membangun dua jalan layang, yakni Antasari-Blok M serta Kampung Melayu-Tanah Abang. Rencana itu merupakan bagian dari penambahan infrastruktur jalan yang merupakan alternatif PTM.

Saat ini kita akan memprioritaskan pembangunan dua jalan layang tersebut karena jalan layang dapat mengurai kemacetan.
— Prijanto

Alternatif dalam PTM lainnya, pengembangan moda transportasi massal dan penerapan electronic road pricing (ERP) yang juga segera dijalankan. Untuk penambahan infrastruktur jalan, Pemprov DKI Jakarta lebih memprioritaskan pembangunan jalan layang di Antasari-Blok M dan Kampung Melayu-Tanah Abang.

“Memang ketiga hal itu dalam pola transportasi makro harus terintegrasi. Namun, saat ini kita akan memprioritaskan pembangunan dua jalan layang tersebut karena jalan layang dapat mengurai kemacetan. Sementara busway dan mass rapid transit (MRT) tetap akan jalan terus,” ujar Prijanto di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (27/5/2010).

Ia menjelaskan, penambahan infrastruktur jalan layang dilakukan karena pertumbuhan infrastruktur jalan di Ibu Kota hanya 0,01 persen per tahun. Sementara pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor sebesar 9,5 persen per tahun. Selain jalan layang, penambahan infrastruktur akan dilakukan berupa pembangunan enam ruas jalan tol tengah kota.

Sedangkan untuk pengembangan moda transportasi massal, Prijanto menegaskan, moda transportasi massal milik Pemprov yang telah beroperasi yaitu bus transjakarta dengan delapan koridor. Pada Desember mendatang, direncanakan akan ada dua koridor lagi yang dioperasikan, yakni Koridor IX dan X. Mengenai kemungkinan pengoperasian bus transjakarta hingga 15 koridor, Prijanto belum memastikan bisa tercapai atau tidak. Sebab, Pemprov terlebih dahulu akan mengevaluasi efektivitas koridor yang sudah berjalan.

“Kita terus mengembangkan pola transportasi makro. Untuk busway kita selesaikan dahulu koridor yang sudah siap,” ujarnya.

Tidak hanya itu, saat ini Pemprov DKI juga merancang proyek MRT yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2016. MRT ini, nantinya diharapkan terintegrasi dengan kereta rel listrik (KRL) yang sudah beroperasi.

Sumber : https://sorastudio.id/

Maldini Diminta Kembali Perkuat Milan

Maldini Diminta Kembali Perkuat Milan

Maldini Diminta Kembali Perkuat Milan

Maldini Diminta Kembali Perkuat Milan

Maldini Diminta Kembali Perkuat Milan

Cedera yang dialami Alessandro Nesta bikin panik wakil presiden Adriano Galliani. Alhasil, Galliani sampai meminta Paolo Maldini kembali bermain untuk AC Milan untuk memperkuat lini belakang.

Galliani begitu khawatir dengan lini belakang Milan yang keropos, menyusul absennya Nesta. Saat ini, Milan hanya memiliki Thiago Silva sebagai satu-satunya bek tengah yang fit. Silva diharuskan bermain dan berpasangan dengan Giuseppe Favalli.

Tak ada pilihan lain, Galliani pun akhirnua memutuskan memanggil kembali Maldini. “Paolo, ada tujuh pertandingan sisa hingga akhir musim. Kami sedang memburu Scudetto. Apakah kamu bersedia ikut berpartisipasi dalam memburu gelar juara?,” begitu permintaan Galliani kepada Maldini.

Maldini jelas sangat terkejut dan merasa terhormat diminta kembali memperkuat Milan. Namun setelah melakukan perundingan selama 24 jam dengan keluarganya, Maldini menolak permintaan Galliani.

Maldini kabarnya ingin kembali ke Milan untuk menjabat sebagai direktur klub, bukannya kembali bermain sebagai pemain.

Baca Juga :

Masa Depan Dinho Belum Jelas

Masa Depan Dinho Belum Jelas

Masa Depan Dinho Belum Jelas

Masa Depan Dinho Belum Jelas

Masa Depan Dinho Belum Jelas

Wakil Presiden AC Milan, Adriano Galliani, menyatakan belum ada pembicaraan mengenai masa depan Ronaldinho. Saat ini, Ronaldinho masih memiliki sisa kontrak hingga 2011 bersama AC Milan.

“Saya memang telah bertemu dengan agen Ronaldinho, Roberto De Assis, tapi tidak untuk membicarakan mengenai kontrak Dinho melainkan untuk mendiskusikan pemain lain untuk dikontrak,” tutur Galliani.

Ronaldinho dikabarkan kemungkinan akan berstatus bebas transfer pada 2011. Galliani sebenarnya sangat menginginkan Dinho tetap bersama Milan setelah 2011, namun kebijakan direksi Milan untuk memperketat pengeluaran menjadi penyebab kemungkinan dilepasnya Dinho.

Jika saja menjadi kenyataan maka hal tersebut akan menjadi kabar buruk kedua bagi dirinya setelah dirinya gagal masuk ke dalam skuad Brasil pada Piala Dunia di Afrika.

“Saya tidak akan mengomentari mengenai dirinya di timnas. Semua itu adalah keputusan Carlos Dunga. Semua orang berhak memutuskan apa yang diinginkannya,” ucap Galliani.

Sumber : https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/16671/Merk-Cat-Besi-Terbaik

 

Dampak Kebakaran rimba Pada Keanekaragaman Hayati

Dampak Kebakaran rimba Pada Keanekaragaman Hayati

Kebakaran hutan merupakan tidak benar satu bentuk gangguan yang makin lama sering terjadi. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan memadai besar termasuk rusaknya ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, merosotnya nilai ekonomi hutan dan produktivitas tanah, pergantian iklim mikro maupun global, dan asapnya mengganggu kesehatan penduduk dan juga mengganggu transportasi baik darat, sungai, danau, laut dan udara. Kebakaran hutan mempunyai dampak yang besar pada keanekaragaman hayati.

Hutan merupakan sumberdaya alam yang tidak ternilai dikarenakan didalamnya terdapat keanekaragaman hayati sebagai sumber plasma nutfah, sumber hasil hutan kayu dan non-kayu, pengatur tata air, pencegah banjir dan erosi dan juga kesuburan tanah, perlindungan alam hayati untuk kepentingan ilmu pengetahuan, kebudayaan, rekreasi, pariwisata dan sebagainya.

Hutan yang terbakar berat dapat susah dipulihkan, dikarenakan susunan tanahnya mengalami kerusakan. Hilangnya tumbuh-tumbuhan sebabkan lahan terbuka, sehingga ringan tererosi, dan tidak bisa ulang menghambat banjir. Karena itu sesudah hutan terbakar, sering terlihat bencana banjir pada musim hujan di beraneka area yang hutannya terbakarda kerugian akibat banjir berikut juga susah diperhitungkan.

Hutan alam barangkali memerlukan ratusan tahun untuk berkembang menjadi sistem yang rumit yang punya kandungan banyak spesies yang saling terkait satu serupa lain. Pada tegakan bersama dengan pohon-pohon yang ditanam murni, susunan permukaan tanah dan tumbuhan bawahnya diupayakan relatif bersih.

Pohon-pohon muda dapat menopang beberapa kecil spesies asli yang telah tersedia sebelumnya. Pohon-pohon hutan hujan tropis kudu sementara bertahun-tahun untuk bisa dipanen dan tidak bisa digantikan bersama dengan cepat; demikianlah juga komunitasnya yang kompleks juga juga tidak ringan digantikan bila rusak.

Luas hutan hujan tropika di dunia hanya meliputi 7 % dari luas permukaan bumi, tapi punya kandungan lebih dari 50 % total jenis yang tersedia di semua dunia. Kenyataan ini perlihatkan bahwa hutan hujan tropika merupakan tidak benar satu pusat keaneka ragaman hayati terutama di dunia. Laju rusaknya hutan hujan tropika yang relatif cepat telah sebabkan jenis hutan ini menjadi pusat perhatian dunia internasional.

Meskipun luas Indonesia hanya 1.3 % dari luas bumi, tapi punya keanekaragaman hayati yang tinggi, meliputi : 10 % dari total jenis tumbuhan berbunga, 12 % dari total jenis mamalia, 16 % dari total jenis reptilia, 17 % dari total jenis burung dan 25 % dari total jenis ikan di semua dunia. Hal ini sebabkan Indonesia menjadi pusat perhatian dunia internasional di dalam hal keanekaragaman hayatinya.

Berdasarkan hasil penafsiran citra satelit Landsat 7 ETM+ tahun 2002/2003, total daratan yang ditafsir adalah sebesar 187,91 juta ha keadaan penutupan lahan, baik di di dalam maupun di luar kawasan, adalah : rimba 93,92 juta ha (50 %), Non hutan 83,26 juta ha (44 %), dan Tidak tersedia data 10,73 juta ha (6 %). Khusus di di dalam kawasan hutan yakni seluas 133,57 juta ha, keadaan penutupan lahannya adalah sebagai berikut : rimba 85,96 juta ha (64 %), Non hutan 39,09 juta ha (29 %) dan Tidak tersedia data 8,52 juta ha (7 %). (BAPLAN, 2005).

Kebakaran hutan Indonesia pada tahun 1997/98 saja telah menghanguskan seluas 11,7 juta hektar. Kebakaran terluas terjadi di Kalimantan bersama dengan total lahan terbakar 8,13 juta hektar, disusul Sumatera, Papua Barat, Sulawesi dan Jawa tiap-tiap 2,07 juta hektar, 1 juta hektar, 400 ribu hektar dan 100 ribu hektar (Tacconi, 2003). Kebakaran hutan tiap-tiap tahunnya telah memberikan dampak negatif bagi keaneka ragaman hayati.

Berbagai jenis kayu kini telah menjadi langka. Kayu eboni (Dyospyros ebenum dan D. celebica), kayu ulin (Eusyderoxylon zwageri), ramin (Gonystylus bancanus), dan beberapa jenis meranti (Shorea spp.) adalah umpama dari beberapa jenis kayu yang telah susah ditemukan di alam. Selain itu, puluhan jenis kayu tidak cukup dikenal (lesser-known species) sementara ini barangkali telah menjadi langka atau punah sebelum akan diketahui secara tentu nilai/manfaat dan sifat-sifatnya.

Setiap species mempunyai kecepatan tumbuh yang berbeda-beda, tersedia yang tergolong fast growing spesies khususnya untuk jenis-jenis pioner, tapi tersedia yang juga di dalam slow growing spesies. Untuk keberlanjutan pemanenan jangka panjang jenis pohon yang lambat pertumbuhannya layaknya Shorea ovalis, S. seminis, S. leavis, Vatica sp., Koompassia sp. dan Eusideroxylon zwageri, maka dibutuhkan aktivitas konservasi keanekaragaman hayati.

Hal ini kudu dilaksanakan sehingga tidak terjadi kepunahan di dalam jenis tertentu akibat kebakaran ataupun pembakaran hutan. Jenis-jenis pohon dari suku Dipterocarpaceae merupakan bagian akhir dari suksesi hutan, dikarenakan hanya tumbuh di hutan-hutan yang telah punya kanopi yang rapat. Jenis-jenisnya tersebar luas sekali, tumbuh di hutan-hutan dari dataran rendah hingga kaki pegunungan di semua Asia Tenggara dan sub-benua India. Tumbuhan dipterocarpaceae merupakan sekelompok tumbuhan pantropis yang anggota-anggotanya banyak dimanfaatkan di dalam bidang perkayuan. Suku ini praktis semuanya berbentuk pohon, yang umumnya terlampau besar, bersama dengan ketinggian bisa mencapai 70-85m menjadi merupakan bagian dari kayu keras yang paling berharga di dunia.

Selama beberapa dekade, hutan-hutan Dipterocarpaceae di Indonesia sering mengalami kebakaran baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja yang berdampak segera bersama dengan hilangnya sejumlah spesies flora dan fauna tertentu.

Kehilangan keanekaragaman hayati secara umum juga artinya bahwa spesies yang punya potensi ekonomi dan sosial barangkali hilang sebelum akan mereka ditemukan. Sumberdaya obat-obatan dan bahan kimia yang berfaedah yang dikandung oleh spesies liar barangkali hilang untuk selamanya. Kekayaan spesies yang terdapat pada hutan hujan tropis barangkali punya kandungan bahan kimia dan obat-obatan yang berguna.

Sampai sementara ini analisis dampak kebakaran hutan masih di dalam bagian pengembangan awal, ilmu berkenaan ekosistem yang rumit belum berkembang bersama dengan baik dan Info berbentuk ambang parah pergantian ekologis berkenaan bersama dengan kebakaran terlampau terbatas, sehingga dampak kebakaran hutan pada keanekaragaman hayati secara real susah diperhitungkan secara tepat.

Meskipun demikianlah bisa diartikan bahwa kebakaran hutan menyebabkan dampak yang memadai besar bagi lingkungan hidup khususnya bagi keanekaragaman hayati, bahkan dampak berikut bisa hingga ke generasi lingkungan hidup selanjutnya.

Untuk kepentingan itu kita kudu siap siaga di dalam memelihara hutan untuk kurangi dampak yang terjadi dari kebakaran hutan, sehingga kerugian pada rusaknya alam bisa di minimalisasi.

Hilangkan kebiasaan-kebiasaan tidak baik berkenaan kelalaian kita pada penggunaan api di di dalam hutan untuk terhubung lahan yang tidak kekontrol dan lainya yang bisa sebabkan kebakaran hutan.

Daftar Pustaka:

1. Arief, A. 1994, rimba Hakekat dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan. Yayasan Obor Indonesia Jakarta.

2. Armanto, E. dan Wildayana, E. 1998. Analisis Permasalahan Kebakaran rimba Dan Lahan Dalam Pembangunan Pertanian Dalam Arti Luas. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan Volume 18 No. 4 Tahun 1998. Jakarta.

3. Danny, W., 2001. Interaksi Ekologi dan Sosial Ekonomi Dengan Kebakaran di rimba Propinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Paper Presentasi pada Pusdiklat Kehutanan. Bogor. 33 hal.

4. Direktotar Jenderal Perlindungan rimba dan Konservasi Alam. 2003. Kebakaran rimba Menurut Fungsi Hutan, Lima Tahun Terakhir. Direktotar Jenderal Perlindungan rimba dan Konservasi Alam, Jakarta.

5. Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. 1995. Survei dan Pemetaan Tanah Semi Detail Daerah Samarinda Propinsi Kal-Tim untuk Evaluasi Kerusakan dan Dampak Kebakaran rimba Dari Api Bawah Tanah Terhadap Lingkungan.Banjarmasin.

Artikel Lainnya : https://tutorialbahasainggris.co.id/motivation-letter-5-cara-dan-contoh-membuat-motivation-letter-bahasa-inggris/

Baca Juga :

Era Ekonomi Kreatif

Era Ekonomi Kreatif

Munculnya ekonomi kreatif mencerminkan pergeseran besar berlangsung dalam dunia ekonomi, pergeseran berasal dari ekonomi yang berdasarkan pada mengolah barang ke ekonomi berdasarkan penyediaan layanan. Perubahan ini diinginkan layaknya transformasi ekonomi di tahun 1700-an berasal dari ekonomi agraris ke penduduk industri. Perubahan terakhir setelah lebih dari satu kala sebelumnya, dunia dihadapi bersama dengan konsep ekonomi Info yang mana Info jadi perihal yang utama dalam pengembangan ekonomi.

Negara-negara maju di semua dunia saat ini telah mengalihkan kegunaan dalam ekonomi di mana Info dan ilmu adalah pengendali perlu berasal dari perkembangan ekonomi. Kita harus arahkan cara ini berasal dari ekonomi ilmu pasca-industri didasarkan pada mengolah barang ke ekonomi secara vital didorong oleh ide-ide dan inovasi. Peran kreativitas untuk menaikkan daya saing ekonomi telah tidak sanggup diabaikan.

Pemahaman ini selangkah kedepan berasal dari ekonomi pasca-industri telah memacu evolusi konsep ekonomi ilmu ke dalam ekonomi kreatif – berpendapat yang mengakui nilai yang lebih besar dan permohonan yang ditempatkan pada konten ekspresif barang dan jasa. Banyak tinjauan literatur ini menguraikan, bukti tunjukkan bahwa ekonomi kreatif adalah revitalisasi industri manufaktur, jasa, ritel, dan hiburan berasal dari hasil kreativitas inspirasi dan ilmu berasal dari sumber daya manusia sebagai segi mengolah yang utama.

John Howkins dalam bukunya The Creative Economy: How People Make Money from Ideas orang yang pertama kali memperkenalkan arti ekonomi kreatif, menjelaskan bahwa ekonomi kreatif sebagai “kegiatan ekonomi dalam penduduk yang menghabiskan lebih dari satu besar waktunya untuk membuahkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi penduduk ini, membuahkan inspirasi merupakan perihal yang harus dilaksanakan untuk kemajuan”.

Pada Konferensi PBB perihal Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) (2008), ekonomi kreatif sebagai konsep yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi membuahkan lebih dari satu ekonomi perkembangan dan perkembangan, antara lain mendorong peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan ekspor, mempromosikan sosial inklusi, keragaman budaya dan pembangunan manusia.

Aspek ekonomi kreatif tidak hanya melingkupi tekun ekonomi saja dapat tapi termasuk sosial budaya yang berinteraksi bersama dengan teknologi, kekayaan intelektual dan obyek pariwisata tujuan. Jadi ekonomi kreatif adalah satu set berasal dari aktivitas ekonomi berbasis ilmu bersama dengan dimensi pembangunan dan keterkaitan lintas sektor di tingkat makro dan mikro untuk perekonomian secara keseluruhan. Dalam perihal ini diperlukan pengembangan kelayakan untuk inovasi, tanggapan kebijakan multidisiplin dan tindakan antar bagian yang bersangga pada industri kreatif.

Sebagai konsekuensinya, maka di jaman ekonomi kreatif, dituntut ada bermacam bentuk pekerjaan baru, yang sudah pasti berlainan bersama dengan tuntutan pekerjaan di jaman industri maupun jaman agraris. Pekerjaan style baru ataufuture of work di jaman ekonomi kreatif, cocok bersama dengan namanya, sudah pasti adalah segala bentuk pekerjaan yang sarat bersama dengan tuntutan untuk terus melakukan akumulasi ilmu untuk membuahkan bermacam inovasi baru atau sering disebut bersama dengan innovation intensive employment.

Pada gambar 1 di atas, ditampilkan spektrum berasal dari ekonomi kreatif yang termasuk bermacam sektor mulai berasal dari ilmu tradisional, hingga bersama dengan industri musik, filem, periklanan, dan bermacam industri perangkat lunak. Meskipun spektrumnya amat luas, dapat tapi esensi berasal dari ekonomi kreatif adalah jadi perlu dan strategis kapasitas pengembangan kreasi dan daya inovasi.

Prinsip yang paling fundamental berasal dari ekonomi kreatif adalah kalau di jaman di awalnya kinerja berasal dari masyarakatnya biasanya diukur hanya berasal dari tingkat produktifitas dalam mengolah produk, jasa maupun proses; maka dalam jaman ekonomi kreatif kinerja penduduk diukur tidak hanya pada peningkatan produktifitas belaka, dapat tapi lebih diukur berdasarkan berasal dari peningkatan akumulasi ilmu dan peningkatan kapasitasnya dalam melakukan inovasi-inovasi ketika melakukan sejumlah aktifitas mengolah tersebut.

Setidaknya ada tiga style tren berasal dari bentuk pekerjaan di jaman depan yang dapat jadi menuntut ada peran berasal dari pekerja (atau worker) untuk sanggup jadi pekerja kreatif. Ketiga tren style pekerjaan tersebut meliputi:

Pertama adalah aset non-fisik atau inspirasi dan inspirasi jadi lebih perlu dibandingkan bersama dengan aset fisik, layaknya modal dan sumber daya fisik lainnya. Di jaman depan nanti dapat jadi banyak terbentuk bermacam kerjasama antara penemu dan pencetus inspirasi yang inovatif bersama dengan sejumlah pemilik modal untuk terlibat dalam aktifitas kreasi ilmu (atau data creation) yang bentuk nyatanya adalah aktifitas berkenaan bersama dengan penelitian, pengembangan dan riset yang diarahkan untuk membuahkan inovasi-inovasi baru. Tren layaknya ini telah muncul di negara maju, seandainya di negara-negara Skandinavia yang semenjak 5-6 tahun terakhir ini, perusahaan-perusahaan besar di sana telah biasa beri tambahan modal ventura kepada para lulusan universitas yang miliki inspirasi dan temuan yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut pada skala komersial.

Kedua adalah maraknya bentuk tata organisasi yang lebih berwujud horisontal dan non-hirarkis, kegunaan mempercepat sistem mengolah inovasi dan merangsang kreatifitas. Pekerja saat ini biasanya dituntut untuk sanggup melakukan pengayaan atau (enrichment) berasal dari bentuk pekerjaan yang telah ada. Setiap individu dituntut untuk jadi aktif dalam mempelajari bermacam bentuk ilmu baru bersama dengan cepat. Kinerja bagi para pekerja saat ini diukur berasal dari tingkat kecepatannya dalam memperkaya ilmu yang telah dimilikinya berasal dari kala ke waktu.

Ketiga adalah jadi pentingnya kelembagaan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Di jaman di mana inspirasi dan inspirasi telah jadi miliki nilai keekonomian yang tinggi, maka diperlukan suatu pertalian fungsional dalam bentuk yang baru antara pencetus inspirasi bersama dengan produsen komersialnya. Interaksi fungsional yang dimaksud itu adalah penumbuhkembangan berasal dari Lembaga Hak Atas Kekayaan Intelektual. Tanpa keberadaan kelembagaan tersebut, maka pencetus inspirasi sebagai ’pemilik’ berasal dari inspirasi dan inovasi justru dapat berada dalam posisi yang tidak diuntungkan secara ekonomis, perihal mana sanggup berdampak pada berkurangnya semangat untuk mencetuskan bermacam inspirasi dan inovasi baru. Di pihak lain, kelembagaan perlindungan hak kekayaan intelektual dan hak cipta tersebut termasuk berfaedah sebagai rambu-rambu yang efektif dalam menanggung ada kompetisi di jaman ekonomi kreatif yang jadi mengglobal.

Ketiga tren di atas kala ini telah mulai menggejala di negara-negara maju. Negara-negara maju tersebut, terlebih yang tergabung dalam OECD telah mengantisipasi bersama dengan sejumlah pranata kebijakan yang mengatur tatanan angkatan kerja di negeri masing-masing untuk mengantisipasi tren tersebut. Pada paragraf tersebut dapat dibahas perihal peran sumber daya manusia kreatif dalam hadapi jaman depan seiring bersama dengan ada tren bentuk pekerjaan baru di jaman depan tersebut tantangan-tantangan pembangunan ekonomi jaman depan.

Artikel Lainnya : https://tokoh.co.id/biodata-blackpink-all-member-dan-fakta-terlengkap/

Baca Juga :